103 Mustahik Baznas Dumai ikuti Diksar Satpam

id Baznas Dumai, Kapolres Dumai

103 Mustahik Baznas Dumai ikuti Diksar Satpam

Pelepasan peserta Diksar oleh Kapolres Dumai AKBP Dhovan di Komplek DIC, Selasa (20/2/24) kemarin. (ANTARA/dok

Dumai (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional Kota Dumai menggelar pendidikan dasar atau Diksar Satpam bekerjasama dengan PT Vavi Permata Wayang diikuti 103 peserta dari keluarga berhak penerima zakat atau Mustahik.

Pembukaan Diksar Satpam Tahap II Angkatan ke-5 Tahun 2024 PT Vavi Permata Wayang ini dipimpin Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, sekaligus pelepasan 103 peserta menuju pusat pendidikan dan pelatihan di BLK Riau, Km 9 Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, pada Selasa (20/2) di komplek Dumai Islamic Centre.

Kapolres Dhovan kepada wartawanmenyampaikan apresiasi kepada Baznas yang telah membiayai pemuda tempatan mengikuti pelatihan diksar ini sebagai kesiapan diri dan bekal utama dalam menyongsong dunia kerja di bidang pengamanan.

"Pelatihan diksar ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak anak Dumai dan bekal mencari pekerjaan yang lebih layak sebagai petugas pengamanan," kata AKBP Dhovan.

Dijelaskan, setelah melalui pelatihan diksar ini, peserta akan memperoleh sertifikat resmi dan kemampuan untuk menjadi satpam. Karena selama diksar peserta mendapat pelatihan dari tim pelatih mengenai teknis kepolisian terbatas.

"Semoga dengan diksar ini memudahkan peserta mencari pekerjaan satpam karena memiliki legalitas sah sebagai petugas pengamanan," demikian Kapolres Dumai AKBP Dhovan.

Sementara, Ketua Baznas Dumai Afrizal Oesman menjelaskan bahwa pelaksanaan diksar ini bagian dari penyaluran zakat produktif dengan peserta merupakan orang orang yang berhak menerima zakat sesuai asnaf.

Tujuan dari pembiayaan diksar ini, lanjut Afrizal, untuk meningkatkan dan memulihkan perekonomian keluarga dari mustahik penerima zakat.

"Kita juga bertujuan membantu pemerintah mengurangi pengangguran lewat diksar ini. Melalui pelatihan ini bisa membekali penerima manfaat dengan kemampuan menjadi seorang satpam yang siap secara administrasi dan mental," kata Ketua Baznas Dumai Afrizal Oesman.

Pimpinan PT Vavi Permata Wayang Syamsul Bahri Harun mengatakan, sebanyak 103 Diksar akan mengikuti pelatihan dan pendidikan Satpam selama 14 hari di BLK Riau di Km.9 Bukit Timah.

Diakui Syamsul, diadakan diksar gratis ini juga karena ada dorongan dari masyarakat yang terkendala finansial. Sehingga keinginan mereka ini kita wujudkan bagi yang mau dan berkeinginan bekerja sebagai satpam.

"Kepada peserta agar tekun dan disiplin mengikuti pelatihan ini. Ikuti semua petunjuk dan arahan pelatih agar dapat menjadi tenaga pengaman yang berdisiplin dan bertanggungjawab di saat bertugas,” kata Syamsul.