599 Peserta MTQ Riau Bertarung Dibabak Penyisihan

id 599 peserta, mtq riau, bertarung dibabak penyisihan

599 Peserta MTQ Riau Bertarung Dibabak Penyisihan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 599 peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke- 36 Provinsi Riau tahun 2017 di Dumai, kini mulai bertarung pada babak penyisihan pada masing-masing cabang perlombaan dan golongan.

"Sebanyak 599 peserta yang ikut babak penyisihan merupakan peserta yang sudah mendaftar dan lulus verifikasi. Cabang lomba yang melakukan babak penyisihan antara lain syarhil, fahmil, tilawah anak-anak dan tahfiz 1 dan 5 juz tilawah, " kata Wakil Ketua Koordinator Sekretariat Dewan Hakim MTQ Provinsi Riau, H Masjekki Amri, di Dumai, Senin.

Menurut dia, cabang lomba lainnya adalah tahfiz 20 juz, tafsir bahasa Arab dan bahasa indonesia, qiraat mujawwad remaja, qiraat murattal remaja, MMQ, kaligrafi dekorasi dan hiasan mushaf.

Ia mengatakan peserta yang masuk pada MTQ Riau Tahun 2017 merupakan peserta yang telah diseleksi secara ketat dan telah disahkan kelayakannya.

"Hari ini merupakan hari pertama pelaksanaan lomba, yang berada di beberapa lokasi," katanya.

Seperti disampaikan Humas Kanwil Kemenag Riau, Musdhalifah menurut Ketua Hakim Khattil Quran Dr H Didin Sirajuddin AR M Ag, untuk golongan dekorasi dan hiasan Mushaf dinilai 9 hakim sedang kriteria penilai terdiri atas kaidah keindahan khat dan keindahan hiasan.

"Secara umum sistem penilaian masih tetap sama seperti tahun-tahun sebelumnya hanya terjadi perbedaan sedikit pada peserta putra dan putri," katanya.

Sementara itu, Ketua Hakim Fahmi Quran, Dr HM Syaifuddin MA mengatakan cabang Fahmil Quran secara prinsip tidak ada perubahan yang berarti. Hanya terjadi penambahan golongan, jika sebelumnya 1 grup terdiri atas 3 orang putra dan putri atau gabungan, tahun 2017 terdiri dari grup putra dan putri.

"Materi materi yang kita tanyakan merupakan yang kekinian dengan tetap mengacu pada kandungan Alquran yang menjadi ruh MTQ," katanya.