Sukses Jadi Tuan Rumah Proprov Riau ke IX, Kampar Bertengger di Peringkat Dua

id sukses jadi, tuan rumah, proprov riau, ke ix, kampar bertengger, di peringkat dua

Sukses Jadi Tuan Rumah Proprov Riau ke IX, Kampar Bertengger di Peringkat Dua

Kampar, (Antarariau.com) - Kabupaten Kampar mendapat kehormatan menjadi tuan rumah dalam helat Pekan Olahraga Provinsi (Proprov) Riau ke IX. Amanah sebagai penyelenggara mampu diemban dengan baik oleh Kabupaten Kampar dengan menyerukan motto 3P yakni sukses dalam penyelenggaraan, sukses dalam prestasi dan sukses promosi daerah.

"Porprov Riau menjadi milik bersama, kami berusaha sebaik mungkin dalam penyelenggaraan iven ini. Untuk itu sebagai Pemerintah Kabupaten Kampar dan masyarakat mengharapkan kepada seluruh delegasi yang ikut dari 12 kabupaten/kota untuk bersama menyemarakkan dan sukseskan Porprov ini," ujar Bupati Kampar Azis Zaenal.

Tidak hanya menjadi tuan rumah, Kabupaten Kampar pun berhasil menyabet peringkat ke-dua, setelah Kabupaten Bengkalis yang resmi dikukuhkan sebagai juara umum Porprov IX tahun 2017.

Bertengger diposisi kedua, Kabupaten Kampar posisinya melejit dari peringkat ketujuh pada Porprov sebelumnya di Indragiri Hulu, menjadi peringkat kedua pada Porprov 2017 dengan total perolehan emas- perak- perunggu, 70-58-63.

"Apresiasi saya sampaikan kepada masyarakat, ASN, dan teristimewa kepada para atlet, pelatih serta official Kampar yang telah berjuang sekuat tenaga. Mereka adalah pahlawan kita. Terima kasih sedalam-dalamnya," ujar Azis.



Porprov 2017 mempertandingkan 22 cabang olahraga (cabor) dengan jumlah medali yang diperebutkan pada Porprov IX tahun 2017 sebanyak 326 keping medali emas 323 perak dan 450 medali perunggu. Daftar perolehan medali Porprov IX tahun 2017. Kabupaten Bengkalis yang juga juara bertahan Porprov VIII tahun 2017 di Inhu total meraih 86 medali emas 58 perak dan 79 perunggu. Disusul Kabupaten Kampar 70-58-63, peringkat ketiga Pekanbaru 47-57-65, peringkat keempat Siak 36-48-42, Inhu 20-15-28, Pelalawan 16-14-25, Inhil 15-19-44, Dumai 14- 17-24, Kepulauan Meranti 8-5-12, Kuansing 6-13-35, Rohul 5-12-21 dan Rohil 3-7-12.

Penutupan Porprov 2017 dimeriahkan dengan kedatangan sejumlah artis ternama dari Ibukota Jakarta. Selain memberikan hiburan kepada masyarakat yang hadir, acara penutupan ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada para kontingen dari kabupaten/kota se Riau. "Ini adalah bentuk penghargaan kita kepada para tamu yang datang ke Kampar selama 12 hari, dalam pelaksanaan Porprov Riau IX ini," sebut Azis.

Azis mengatakan pihaknya semaksimal mungkin menyuguhi fasilitas yang terbaik kepada tamu yang hadir, terkhusus kepada para atlet. Semoga kata Azis, dapat menjadi suatu kenangan indah selama berada di Kampar. "Kita selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada tamu kita yang hadir," ujar Bupati.



Azis mengucapkan permohonan maaf jika selama pelaksanaan Porprov masih terdapat banyak kekurangan yang tidak sengaja terjadi.

Namun begitu, sejumlah kepala daerah justru mengucapkan selamat kepada Bupati Kampar, atas suksesnya pelaksanaan Porprov di Serambi Mekahnya Riau ini.

Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menyampaikan, pelaksanaan Porprov 2017 di Kabupaten Kampar dinilai sukses dari sisi pelaksanaan dan sukses prestasi.

"Kalau balik lagi sejarah Porprov, Kampar pada Porprov VIII tahun 2014 hanya nomor tujuh, tapi sekarang melejit menjadi nomor dua setelah Bengkalis," ucap Wan.

Dikatakan, pekan olahraga ini dari rakyat untuk rakyat. Ia mengajak seluruh kontingen kabupaten/kota menjadikan kenangan di Kampar sebagaimana disampaikan Bupati Kampar menjadi kenangan terbaik.

Kepada seluruh kontingen Wan Thamrin mengucapkan selamat jalan semoga bisa kembali bertemu dengan keluarga.Kepada kontingen lain yang belum berhasil dia berharap melakukan perbaikan dan hendaknya bisa berprestasi pada Porprov Riau X.

Dalam kesempatan itu pula, Wan mengimbau dalam rangka meningkatkan perekonomian Pemprov Riau sekarang menggerakkan seluruh kegiatan termasuk olahraga dan pariwisata dan ia mengajak masyarakat meramaikan objek wisata di Riau khususnya di Kabupaten Kampar. (ADV)