Dihadapan Menteri Wagub Keluhkan Riau Kekurangan Dokter

id dihadapan menteri, wagub keluhkan, riau kekurangan dokter

Dihadapan Menteri Wagub Keluhkan Riau Kekurangan Dokter

Pekanbaru (Antarariau.com) - Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim saat menghadiri kuliah kebangsaan di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, mengeluhkan kurangnya lulusan kedokteran di provinsi setempat.

Wan Thamrin Hasyim di Pekanbaru, Selasa, menyampaikan Pemerintah Provinsi Riau mendukung penuh rencana UIN Suska Riau untuk membuka Fakultas Kedokteran yang sudah diancang-ancang sejak 2007 lalu, diharapkannya segera terwujud.

"Dokter masih kurang, kami perlu sarana untuk melahirkan dokter. Rencana dibentuknya Fakultas Kedokteran di UIN Suska sudah sejak 10 tahun lalu. Mudah-mudahan kedatangan pak Menteri memberi angin segar agar ini segera terwujud," harap Wan Thamrin.

Wan Thamrin berbicara dihadapan Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi RI Mohamad Nasir, Tokoh Nasional Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin, Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Munzir Hitami, MA, Anggota DPR RI dapil Riau Lukman Edy serta Seribuan mahasiswa yang hadir.

Wan Thamrin sempat bercerita mengenai Fakultas Kedokteran Universitas Riau yang berdiri megah di Jalan Diponogoro yang diusulkan dibangun dengan anggaran Rp80 miliar telah melahirkan lulusan kedokteran yang mengisi rumah sakit daerah.

"Dulu saya ingat sekali, bangunan megah Fakultas Kedokteran UR sekarang, pas Pak LE (Lukman Edi) jadi Anggota Banggar DPRD Riau mengabulkan anggaran untuk membangun, sekarang hasilnya bisa kita nikmati, lulusan kedokteran terbaik," ujar Whan Thamrin.

"Meski sudah ada pun Fakultas Kedokteran dari UR dan Tabrani. Namun masih kurang SDM kedokteran kita," ujar Whan Thamrin.

Diharapkan Whan Thamrin, kehadiran Menristekdikti dapat memberikan kelonggaran pendirian Fakultas Kedokteran di UIN Suska Riau.

Sementara Menristekdikti Mohamad Nasir menyambut baik rencana itu, dikatakannya proses akan diberi kemudahan sepanjang pembangunan fakultas kedokteran dapat mencetak SDM yang berkompeten dan profesional.

"Saya tentu mendukung untuk membuat fakultas kedokteran, karena pada prinsipnya kita ingin implementasi ditekankan, lambangkan jika pendidikan yang baik, kesehatan baik maka ekonomi tentu akan baik. Proses silahkan dilanjutkan kami kawal jika ingin buka fakultas kedokteran di Riau," ujar Menteri disambut gemuruh sorak mahasiswa.