Gubri Klaim Riau Expo Menjadi Media Unjuk Gigi Pariwisata Daerah

id gubri klaim, riau expo, menjadi media, unjuk gigi, pariwisata daerah

Gubri Klaim Riau Expo Menjadi Media Unjuk Gigi Pariwisata Daerah

Pekanbaru, Riau (Antarariau.com) - Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menegaskan Riau Expo 2017 merupakan ajang unjuk gigi dari pariwisata daerah dengan banyaknya produk penunjang pariwisata yang ditampilkan.

Saat membuka Riau Expo, ia yang didampingi Wakil Gubernur Wan Thamrin Hasyim Sabtu malam menyebutkan iven pariwisata tengah giat dikembangkan dan saling menunjang dengan sektor Migas dan Perkebunan yang selama ini telah memberikan kontribusi besar bagi daerah.

"Kita memang tengah promosi besar-besaran sektor pariwisata dengan menyinergikan bersama sektor Migas dan perkebunan," ujarnya.

Iven promosi pariwisata dan ekonomi kreatif terbesar di Provinsi Riau tersebut mengusung tema "Menghulu Budaya Melayu, Menghilir Riau Berintegritas".

Lebih jauh Gubri menjelaskan bahwa melalui iven ini diharapkan pihak Pemerintah Kota/ Kabupaten dapat mempromosikan pariwisata mereka dengan lebih kreatif.

Pria yang kerap disapa Andi tersebut menilai bahwa pemerintah daerah tentu lebih tahu apa saja yang patut ditonjolkan serta bagaimana cara untuk mengemas promosi wisata tersebut dengan lebih baik.

Gubri berharap dengan perhelatan seperti ini akan dapat meningkatkan sektor pariwisata di Provinsi Riau. Sektor periwisata merupakan satu pintu gerbang untuk peningkatan investasi serta ekonomi daerah.

"Dari pariwisata bisa meningkatkan investasi, yang nantinya akan meningkatkan sektor ekonomi daerah," imbuhnya.

Sementara itu, Ditemui ditempat yang sama, Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Riau Evi Revita selaku panitia pelaksana menyebutkan bahwa dalam kegiatan kali ini terdapat 270 stand peserta yang terdiri dari 215 OPD Pemprov/Pemko, BUMN, BUMD serta 45 booth UMKM yang siap memberikan penawaran terbaik dari segi kualitas dan harga.

Selain itu, 9 partisipan luar Riau juga ikut ambil bagian. Seperti Kementerian Pertanian, Dinas Kelautan Jatim, Dinas UMKM Mandailing Natal, Pemkab Padang Lawas, Pemko Padang Panjang, Pemkab Karawang, Pemko Semarang, Pemkab Oku Timur, serta Pemkab Padang Sidempuan.

"Tidak hanya dari Riau saja, sejumlah peserta luar daerah juga ikut serta," ucap Evi Revita.

Ia menambahkan dengan keikutsertaan pihak luar daerah menandakan bahwa Provinsi Riau mulai dilirik daerah lain. Setidaknya dari segi promosi daerah tentu ini menjadi hal yang sangat positif.

Bertempat di SKA CO Ex Pekanbaru, kegiatan itu dijadwalkan akan diselenggarakan hingga 20 Oktober 2017. Evi meyebutkan pemilihan lokasi tersebut telah melalui rapat teknis dengan berbagai pihak.

Selain pameran, pihak panitia juga menggelar berbagai pertunjukkan dan perlombaan seperti lomba mewarnai, pemilihan duta Riau Expo, lomba tari kreasi serta sejumlah acara hiburan lainnya.

Oleh: Retmon Bensal Putra