Gubri Klaim Harga Sembako Jelang Tahun Baru Masih Stabil

id gubri klaim, harga sembako, jelang tahun, baru masih stabil

Gubri Klaim Harga Sembako Jelang Tahun Baru Masih Stabil

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menyatakan harga bahan pangan di Kota Pekanbaru stabil dan persediaannya juga aman untuk memenuhi kebutuhan pada perayaan Natal dan tahun baru.

"Harga-harga kebutuhan pokok dan lainnya stabil. Bahkan, harga cabai keriting malah turun dari sebelumnya sampai Rp100 ribu, sekarang dikisaran Rp50 ribu per kilogram," kata Arsyadjuliandi kepada Antara usai "blusukan" ke sejumlah pasar tradisional di Pekanbaru, Jumat.

Pria yang akrab disapa Andi Rachman ini juga mengimbau agar pedagang bersikap jujur dan tidak memanfaatkan momen Natal dan tahun baru untuk menaikan harga, apalagi melakukan kecurangan. "Misalkan, kalau permintaan ikan nanti meningkat, jangan sampai gunakan ikan berformalin supaya untung besar," pesannya.

Ia berharap seluruh pemerintah kabupaten/kota di Riau memantau harga dan kebutuhan bahan pokok jelang perayaan Natal dan tahun baru. Tujuannya agar jangan sampai timbul gejolak kenaikan harga yang terlalu ekstrim, sehingga mempengaruhi tingkat inflasi Riau.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Ismet Inono, sempat mengatakan, pemerintah daerah perlu mewaspadai naiknya tingkat inflasi Riau yang pada triwulan III sudah mencapai 3,27 persen. Jumlah itu melonjak dibandingkan triwulan II yang mencapai 1,92 persen.

Riau masih sangat rentan mengalami lonjakan inflasi dari bahan pangan karena ketergantungannya dari pasokan dari provinsi lain. Ismet berharap pemerintah daerah bisa menekan lonjakan harga agar inflasi 2016 tidak melebihi batas maksimal yang ditargetkan pemerintah, yakni 4 plus minus 1 persen.

"Perlu usaha ekstra untuk kurangi tekanan harga pangan. Sehingga, kalau istilahnya Bapak Presiden Joko Widodo, jangan sampai pertumbuhan ekonomi kita tekor, karena tergerus inflasi yang tinggi," ujar Ismet Inono.