Perayaan HUT Alfamart Rusak Taman Kota Pekanbaru

id perayaan hut, alfamart rusak, taman kota pekanbaru

Perayaan HUT Alfamart Rusak Taman Kota Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau menyesalkan rusaknya taman kota akibat kegiatan jalan santai atau "funwalk", yang diselenggarakan perusahaan ritel terkemuka dengan melibatkan ribuan peserta.

"Seharusnya dari pihak penyelenggara koordinasi di lapangan minimal dengan pihak terkait," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Dedi Gusriadi kepada Antara di Pekanbaru, Ahad.

Sekitar 4.000 masyarakat ambil bagian pada kegiatan jalan santai yang diselenggarakan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya, atau Alfamart di pusat Kota Pekanbaru, Ahad pagi.

Kegiatan untuk memperingati ulang tahun Alfamart ke-18 tersebut digelar di Jalan Cut Nyak Dien. Pihak penyelenggara mendatangkan dua artis ibu kota untuk memeriahkan kegiatan tersebut, Raffi Ahmad dan Jenita Janet.

Ribuan warga yang didominasi kaum hawa mengikuti jalannya kegiatan sedari pagi hingga siang.

Namun sayang, perayaan ulang tahun ritel terkemuka itu justru menyebabkan taman yang terletak persis di belakang Gedung Pustaka Wilayah Soeman HS menjadi rusak.

Sebagian besar tanaman pada sisi utara taman tersebut diinjak-injak masyarakat yang meramaikan kegiatan tersebut. Bahkan, taman itu kini terpantau dipenuhi sampah jajanan peserta.

Padahal, taman itu merupakan salah satu ruang terbuka hijau yang menjadi primadona masyarakat Kota Pekanbaru. Taman yang berlokasi tidak jauh dari kantor Gubernur Riau itu juga terus dipercantik dengan tanaman baru.

Dedi mengatakan, seharusnya kejadian tersebut tidak perlu terjadi jika pihak penyelenggara benar-benar memperhatikan peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Terlebih lagi, kegiatan itu diikuti oleh ribuan peserta dengan mendirikan panggung hiburan.

"Saya sudah perintahkan staf untuk memeriksa. Besok kita koordinasi dengan mereka kejadian ini," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan Pemkot Pekanbaru selaku pengelola taman akan meminta pertanggung jawaban atas kerusakan yang terjadi. Dari pantauan, foto-foto peserta jalan santai yang menginjak-injak tanaman di taman tersebut kini viral di media sosial.

Sejumlah warga Pekanbaru juga turut menyesalkan adanya tindakan tidak terpuji itu. Sementara itu, Manajer Marketing Alfamart Pekanbaru, Lia tidak dapat dihubungi terkait peristiwa itu. Baik telfon maupun pesan singkat juga belum dibalas.