Gandeng Sejumlah Pihak, Polres Siak Gelar Apel Siaga Penanganan Karhutla

id gandeng sejumlah, pihak polres, siak gelar, apel siaga, penanganan karhutla

Gandeng Sejumlah Pihak, Polres Siak Gelar Apel Siaga Penanganan Karhutla

Siak (Antarariau.com) - Jajaran Kepolisian Resor Siak menggelar apel kesiapsiagaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang diikuti oleh perwakilan Masyarakat Peduli Api, Menggala Agni dan regu pemadam beberapa perusahaan sekitar, Selasa.

"Giat ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana dan prasarana yang ada. Sehingga diharapkan bisa melakukan kegiatan pemadaman karhutla di wilayah hukum masing-masing," ujar Kapolres Siak AKBP Restika Perdamaian Nainggolan saat memimpin apel.

Dia menyebutkan, dari informasi BMKG, pada Agustus hingga September akan memasuki musim kemarau, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah strategis di bidang preventif untuk mencegah terjadinya karhutla, serta penegakan hukum.

Menurutnya, diperlukan adanya dukungan sarana dan prasarana yang memadai serta anggaran yang cukup dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota dalam pemadaman karhutla," katanya.

Serta komitmen bersama dari badan-badan lainnya secara terpadu dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Dia berharap usai apel tersebut, masing-masing stake holder meneruskan dan menekankan kepada jajarannya dari tingkat kabupaten hingga desa. Baik itu pemerintah daerah maupun TNI dan badan-badan lainnya tentang pentingnya pencegahan awal Karhutla.

"Perlu juga dibentuk forum-forum penanggulangan bencana yang turut membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentabg bahaya dan larangan membakar hutan dan lahan," pungkasnya pula.

Disampingnya itu, perlu dilakukan pelatihan bersama terkait Penanggulan karhutla sehingga tercipta koordinasi yang baik antara stakeholder dalam melakukan penanggulangan Karhutla.

Tindakan selanjutnya sambung Restika, mengumpulkan kembali pelaku industri perkebunan, tokoh masyarakat, agama dan pemuda, serta instansi terkait menjelang memasuji musim kemarau atau masa pembersihan kebun.

Guna menekan kembali upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla yang merupakan kewajiban dari masing-masing pihak.

"Kami berharap semoga peristiwa tidak lagi terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya," tutupnya.

Hadir juga bidang Damkar dari Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak dan unsur Forkompinda. Setelah giat apel dilanjutkan dengan pemeriksaan alat-alat pemadam oleh Kapolres Siak didampingi seluruh undangan yang hadir.