Pelindo Dumai Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan Penumpang Jelang Arus Mudik

id pelindo dumai, tingkatkan pelayanan, pelabuhan penumpang, jelang arus mudik

Pelindo Dumai Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan Penumpang Jelang Arus Mudik

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Menjelang arus mudik lebaran 2017, PT Pelindo I Cabang Dumai meningkatkan fasilitas publik terminal tunggu pelabuhan penumpang Kota Dumai agar nantinya masyarakat merasa puas dan nyaman dengan pelayanan.

Manajer Umum Pelindo Dumai Aguslianto di Dumai, Selasa, mengatakan sejumlah kesiapan dilakukan di terminal tunggu pelabuhan penumpang ialah dengan menambah delapan unit mesin pendingin ruangan dan ratusan kursi.

"Delapan unit mesin pendingin ruangan dan ratusan kursi kita tambah di terminal tunggu pelabuhan agar pemudik singgah merasa nyaman dan tidak kepanasan, sebagai bentuk pelayanan," kata Agus.

Pelindo Dumai juga bersiap melayani pemudik angkutan lebaran 2017 dengan membangun satu posko utama berukuran 4x6 untuk pos pelayanan dan pengamanan, ditambah pos pembantu tenda payung untuk petugas dan rehat masyarakat.

Pembukaan posko angkutan lebaran di pelabuhan ini dilakukan selama hampir empat pekan dan melibatkan petugas gabungan instansi terkait, untuk memberikan pelayanan kepada pemudik dan mengamankan aktivitas masyarakat.

"Kita juga sudah meminta petugas di pelabuhan untuk optimalkan pelayanan dan antisipasi terjadi lonjakan penumpang dengan kesiapan matang demi kelancaran arus mudik," sebutnya.

Disamping itu, perusahaan pelayaran penyedia rute perjalanan laut dan kapal feri agar menyiapkan armada dengan kondisi laik jalan demi keselamatan penumpang.

Sementara, Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Dumai menyebut sebanyak 28 armada feri disiapkan untuk melayani pemudik dan menghadapi lonjakan penumpang dalam angkutan lebaran tujuan domestik dan luar negeri.

"Menyambut arus mudik angkutan lebaran ini sudah disiapkan 28 armada kapal yang sudah diperiksa dan laik jalan rute dalam dan luar negeri," kata Kabid Lalu Lintas dan Jasa Pelabuhan KSOP Dumai Jhonny P Simbolon.

Armada kapal disiapkan ini terdiri dari 19 feri untuk penumpang pelabuhan domestik PT Pelindo I Cabang Dumai Jalan Datuk Laksmana, dengan rute pulang pergi Dumai, Batam sekitarnya dan Bengkalis, Selat Panjang serta lainnya.

Kemudian, enam armada kapal feri milik perusahaan pelayaran ini akan melayani kebutuhan transportasi laut pemudik dengan rute luar negeri dengan pulang pergi Dumai, Port Klang, Port Dickson dan Malaka.

"Sedangkan tiga kapal lagi akan melayani pemudik di pelabuhan roro tujuan dumai tanjung kapal kecamatan rupat bengkalis pulang pergi," sebutnya.