Sepi Pembeli, Pedagang Nanas Rimbo Panjang Merugi

id sepi pembeli, pedagang nanas, rimbo panjang, merugi

Sepi Pembeli, Pedagang Nanas Rimbo Panjang  Merugi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sejumlah pedagang buah nanas di kawasan sentra perdagangan buah-buahan di Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau mengeluh sepi pembeli, bahkan banyak buah yang terbuang membusuk.

"Hari ini sebanyak 400-an buah nanas membusuk, karena produksi melimpah sementara itu pembeli sepi," kata Idris (34), pedagang nanas di Rimbo Panjang, Senin.

Idris menyebutkan, sepinya pembeli dialami para pedagang buah nanas di Rimbo Panjang dan sekitarnya sejak enam bulan terakhir, hingga mengakibatkan pedagang nyaris tidak mendapatkan balik modal.

Ia mengatakan, modal yang dikeluarkan untuk membeli nanas tidak sebanding dengan jumlah keuntungan yang diperoleh dalam penjualan buah nanas ini.

"Pedagang nanas terus merugi, sementara produksi hilir nenas seperti kripik nenas, pun nyaris tidak dilirik pembeli. Produksi menumpuk tetapi penjualan tidak merangkak naik," keluhnya lagi.

Sama seperti yang dialami Idris, pedagang nanas lainnya, Murni (36) juga mengeluhkan hal yang sama, kripik nenas diproduksi usaha rumah tangga itu pun tidak banyak terjual.

Murni berharap Pemerintah Provinsi Riau bisa mendirikan sebuah pabrik buah kaleng nenas sehingga pedagangpun bisa memasarkannya secara bersamaan dengan produksi nenas petani.

"Pedagang diyakini tidak akan terus merugi, karena ada keuntungan lain yang bakal diterima dari penjualan buah kaleng nanas itu," katanya.

Ia menyebutkan, harga nenas per butir saat ini untuk jenis nenas madu (ukuran kecil, red) sebesar Rp2.500/buah. Harga nenas ukuran sedang, menengah dan besar masing-masing dijual sebesar Rp3.500, Rp4000, dan Rp6.000 per buah.

Sejumlah penelitian menyebutkan buah nenas tinggi mengandung vitamin A dan manfaat beta-karoten. Buah ini bermanfaat untuk melindungi mata dari degenerasi makula, mencegah kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Buah nenas sarat dengan vitamin C, flavonoid, dan antioksidan, penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh, menghancurkan radikal bebas, melawan pilek, flu dan virus, menjaga gusi sehat, dan melindungi terhadap penyakit periodontal dan kanker mulut.

Buah nanas dapat mendukung sintesis kolagen, dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Mengandung Vitamin B1 (Thiamin) untuk mengubah karbohidrat menjadi energi, memperkuat otot, dan meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat.

Nenas mengandung fosfor yang bermanfaat mempromosikan tulang dan gigi yang kuat, menghentikan perkembangan osteoporosis. Kandungan gizi dan manfaat lain dari buah nenas adalah mengandung kalium untuk mengatur tekanan darah dan mendukung fungsi ginjal. Mangan, yaitu mineral penting tidak bisa dibuat oleh tubuh juga ditemukan dalam buah nenas.

Kandungan mangan pada nenas dapat mendukung perkembangan dan fungsi tulang, mempercepat penyembuhan luka, mendukung kesehatan kulit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan menstabilkan gula darah untuk mencegah diabetes dan gangguan metabolisme.