Dalam Dua Hari, BC Dumai Sita 117 Karung Bawang Ilegal

id dalam dua, hari bc, dumai sita, 117 karung, bawang ilegal

Dalam Dua Hari, BC Dumai Sita 117 Karung Bawang Ilegal

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Petugas Bea Cukai Madya Pabean Kota Dumai Riau kembali berhasil mencegah masuk sedikitnya 117 karung bawang eks impor diduga ilegal lewat jalur darat dan laut hasil operasi selama dua hari.

Kasubsi Penyuluhan BC Dumai Khairul Anwar, Rabu, menyebutkan, ratusan karung bawang ini diamankan petugas dari sebuah mobil melintas di Kilometer 10 Jalan Raya Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan pada Senin (20/3) sekitar pukul 23.00 WIB.

"Selama dua kali operasi di tempat dan hari berbeda, kita mengamankan ratusan karung bawang eks impor di jalur darat dan laut," kata Khairul.

Dijelaskan, pencegahan pertama di jalan lintas Lubuk Gaung dilakukan oleh tim patroli darat, dan jumlah bawang dimuat diatas sebuah mobil jenis Toyota Kijang LGX sebanyak 57 karung.

Kemudian, operasi pencegahan masuk kedua dilakukan tim pada Selasa (21/3) sekitar 11.00 WIB di Perairan Parit Jalil Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan.

Sedangkan operasi penegahan kedua, tim patroli laut mengamankan sedikitnya 60 karung bawang merah eks impor dari atas sebuah kapal diketahui bocor dan tanpa anak buah kapal.

"Sebagian muatan bawang dari kapal ini kita duga sudah dibawa keluar oleh anak buah kapal sebelum melarikan diri," sebutnya.

Dalam operasi pencegahan masuk ratusan karung bawang ini, dikabarkan juga bahwa petugas mengamankan dua orang pria diketahui sebagai supir dan pemilik barang.

Selanjutnya, untuk kepentingan proses penyidikan, seluruh barang bukti bawang merah bersama supir dan pemilik barang sudah diamankan petugas guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Sebelumnya, Ditpolair Baharkam Mabes Polri mengamankan enam ton bawang merah ilegal asal Malaysia pada Sabtu (18/3) pekan lalu di perairan Tanjung Jering Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.

Penangkapan bawang saat patroli Sea Rider Kapal Bangau-5006 gelar patroli rutin di wilayah perairan Dumai dan Selat Rupat Kabupaten Bengkalis, dan mencurigai sebuah kapal sedang berlayar.

Setelah diperiksa, diketahui kapal KM. M PAISAL tengah mengangkut bawang merah asal Kuala Linggi Malaysia tanpa dilengkapi dokumen, dan petugas mengamankan satu orang nahkoda dan dua kru kapal.