Bupati Siak Dukung Pengembangan Toko Tani Indonesia Di Daerah Tersebut

id bupati siak, dukung pengembangan, toko tani, indonesia di, daerah tersebut

Bupati Siak Dukung Pengembangan Toko Tani Indonesia Di Daerah Tersebut

Siak (Antarariau.com) - Bupati Siak Syamsuar didampingi Kepala Dinas Pertahanan Pangan Provinsi Riau Darmansyah meresmikan Toko Tani Indonesia di Perawang Kecamatan Tualang, Jumat.

"Di Siak sudah berdiri tiga toko tani tersebar (TTI) di tiga kecamatan, yakni Lubuk Dalam, Pusako, dan Tualang yang sekarang baru diresmikan," ujar Bupati Siak Syamsuar saat meresmikan TTI di Perawang.

Dia menuturkan, TTI harus bisa tumbuh menjamur di seluruh kecamatan Kabupaten Siak. Sebab, keberadaan toko tani sangat membantu dan mempermudah petani menjual hasil pertaniannya serta membeli lagi kebutuhan yang diperlukan.

"Diharapkan dengan adanya toko tani Indonesia ini dapat mengatasi stabilitas pasokan dan harga di Kabupaten Siak itu sendiri," ungkapnya.

Bupati dua periode ini juga menyampaikan, TTI ini juga bagian dari perhatian pemerintah dalam meningkatkan produksi pangan sekaligus persiapan harga, guna mengatasi kerawanan pangan serta untuk mendidik petani.

"TTI ini dibuat untuk kerjasama petani dengan pedagang yang dapat saling menguntungkan. Sehingga kesediaan pangan dan produksi tetap terjaga," sebutnya.

Selain itu kata Bupati, TTI diluncurkan untuk menjual komoditas pangan hasil produksi petani dengan harga wajar kepada konsumen yang dipasok oleh Gabungan kelompok tani (Gapoktan) dan lembaga usaha pangan masyarakat atau Bulog.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertahanan Pangan Provinsi Riau Darmansyah menyampaikan, dari empat TTI yang dibangun dari APBD 2017 Provinsi Riau, tiga di antaranya didirikan di kabupaten Siak.

"Kesedian pangan di Kabupaten Siak sudah bagus. Namun pangannya bisa saja lari keluar daerah sehingga kebutuhan di dalamnya tidak mencukupi. Untuk mengantisipasi tersebut, maka didirikan TTI oleh pemerintah untuk membantu gabungan kelompok tani (gapoktan)," ungkap Darmansyah.

Dikatakan, di Provinsi Riau pada tahun anggaran 2016 sudah dibentuk delapan Gapoktan/LUPM yang melayani 16 TTI, untuk kemudahan akses pangan kepada masyarakat dengan harga yang wajar di kabupaten/kota di daerah konsumen utamanya yang menjadi barometer fluktuasi harga dan pasokan.

Di mana lokasi TTI di Provinsi Riau pada tahun 2016 terdapat di Kota Pekanbaru enam toko, di Kabupaten IndragiriHilir empat toko, di Kota Dumai dua toko, Rokan Hilir dua toko dan Indragiri Hulu dua toko.