Satu lagi Pelaku Pembalakan Liar Cagar Biosfer GSK-BB Diciduk Aparat

id satu lagi, pelaku pembalakan, liar cagar, biosfer gsk-bb, diciduk aparat

Satu lagi Pelaku Pembalakan Liar Cagar Biosfer GSK-BB Diciduk Aparat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Petugas gabungan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau serta Polres Bengkalis menangkap salah seorang pelaku pembalakan liar di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu.

"Pelaku bernama Salisman ditangkap berikut barang bukti mesin Chainsaw dan kayu setengah jadi," kata Kepala Bidang KSDA Wilayah II Heru Sukmantoro kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Heru menjelaskan pelaku diciduk pada Rabu sore kemarin (1/3) di Dusun Sidodadi, Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bukit Batu. Dusun tersebut merupakan salah satu akses masuk dan keluar ke kawasan inti Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu yang saat ini dijarah oleh pelaku pembalakan liar.

Menurut Heru, penangkapan itu berawal saat tim yang berada di tempat kejadian perkara (TKP) melihat pelaku baru keluar dari kawasan hutan.

Petugas yang saat itu mengenakan pakaian sipil membuat pelaku tidak merasa curiga sehingga tidak berusaha menghindar.

"Namun saat akan kita tangkap dia melarikan diri. Beruntung medannya tidak terlalu sulit sehingga berhasil dibekuk," jelasnya.

Heru mengatakan saat ini pelaku telah diamankan ke Mapolres Bengkalis untuk diperiksa lebih lanjut. Sementara itu, Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono mengatakan hasil pemeriksaan sementara pelaku mengaku hanya orang suruhan.

"Dia dimodali oleh seseorang berinisial R. Ini yang masih kita kembangkan," jelas Hadi.

Ia juga mengatakan bahwa Salisman bukan merupakan warga Bengkalis, melainkan pendatang dari Provinsi Sumatera Utara. Pelaku saat ini masih terus diperiksa intensif sementara petugas melakukan pengembangan untuk mengungkap cukong atau pemodal aksi pembalakan liar tersebut.

Dengan tertangkapnya Saliman, Polres Bengkalis hingga kini telah mengamankan dua pelaku pembalakan liar di Cagar Biosfer. Pelaku sebelumnya berinisial M dibekuk awal pekan ini.

Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain memberikan amaran kepada jajarannya untuk dapat mengungkap cukong pembalakan liar selama dua pekan. Kapolda bahkan mengancam akan menertibkan jajarannya apabila dalam waktu ditentukan tidak berhasil membekuk cukong tersebut.