Akhirnya Tiga Kecamatan Baru Bengkalis Resmi Berdiri

id akhirnya tiga, kecamatan baru, bengkalis resmi berdiri

Bengkalis (Antarariau.com)- Tiga kecamatan baru di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau diresmikan, peresmian ditandai dengan penandatanganan Prasasti yang dilaksanakan oleh Menteri Dalam Negeri yang diwakili Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan, Dan Kerjasama Direktorat Jenderal Administrasi Bina kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Rizari, Kamis.

"Kami berharap, ketiga kecamatan baru ini bukan saja dapat mendukung percepatan terwujudnya visi Kabupaten Bengkalis 2016-2021, tetapi juga berkontribusi bagi keberhasilan pembangunan di Provinsi Riau dan nawacita pembangunan nasional," kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin usai peresmian yang dipusatkan di Halaman Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Mandau, Kamis.

Dia mengatakan, keinginan untuk membentuk ketiga kecamatan baru ini sudah dimulai sejak tahun 2011, atau sekitar 6 tahun lalu, penyebab lamanya waktu tersebut disebabkan karena berbagai proses yang dihadapi.

"Lamanya waktu tersebut kami sadari, bukan karena Pemerintah Provinsi Riau maupun Kementerian Dalam Negeri tidak menyetujuinya. namun karena berbagai regulasi yang memang harus ditaati, maka baru sekarang masa tersebut dapat diwujudkan," kata Amril.

Adapun ketiga kecamatan yang baru diresmikan tersebut diantaranya, Kecamatan Bathin Solapan, yang sebelumnya masuk wilayah Kecamatan Mandau, Kecamatan Talang Muandau yang sebelumnya berada di Kecamatan Pinggir, dan Kecamatan Bandar Laksamana yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Bukit Batu.

Dengan diresmikannya tiga kecamatan tersebut, maka kecamatan di Kabupaten Bengkalis sebanyak 11 kecamatan menambahkan delapan kecamatan sebelumnya yaitu, kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat, Rupat Utara, Mandau dan Pinggir.

Peresmian tiga kecamatan baru tersebut juga turut dihadiri Gubener Riau diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H. Ahmad Syah Harofie, Wakil ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Kaderismanto dan pejabat di Bengkalis lainnya.

(ADV)