Ayo Saksikan Festival Industri Kreatif Riau 2016

id ayo saksikan, festival industri, kreatif riau 2016

Ayo Saksikan Festival Industri Kreatif Riau 2016

Pekanbaru (Antarariau.com) - Lembaga Kantor Berita Negara Antara Biro Riau bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Riau siap menggelar Festival Industri Kreatif Riau 2016 pada Sabtu, 17 Desember mendatang di Kantor BI Riau Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Kepala LKBN Antara Biro Riau, Maswandi di Pekanbaru, Kamis mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun Antara ke-79 yang jatuh pada 13 Desember lalu. Sebelumnya pada Rabu (13/12) lalu sudah digelar juga kegiatan donor darah di Kantor LKBN Antara Biro Riau, Jalan Sumatera, Pekanbaru.

"Antara merasa terpanggil untuk menjadikan usaha kreatif bisa berkembang seperti pelaku usaha menengah dan besar. Hal ini kami lakukan dengan memberikan pemahaman dan wawasan dalam berusaha yang disampaikan oleh pelaku usaha, perbankan dan pakar di bidangnya," ungkapnya.

Festival ini beragendakan seminar berupa testimoni dari Bank Indonesia, Perbankan, dan beberapa pelaku industri kreatif bertempat di Lantai III Gedung BI Riau. Kemudian akan ada pameran yang menampilkan sekitar 100 subsektor industri kreatif berlokasi di Pelataran Parkir BI Riau.

Dengan adanya festival industri kreatif yang pertama di Riau ini, Maswandi berharap ada manfaat besar didapatkan pelaku usaha. Itu karena dalam festival dipertemukan tiga komponen untuk bersinergi antara pelaku usaha, perbankan, dan pemerintah sebagai regulator.

"Hasil festival nanti akan dievaluasi, jika manfaatnya besar Insya Allah akan dilaksanakan lagi sehingga ajang ini bukan hanya sekali ini saja," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Vera Luciana menyatakan sejauh ini kesiapan sudah hampir 100 persen. Nantinya akan ada 100 peserta Festival Industri Kreatif yang terdiri dari 85 stand dan sisanya merupakan penampilan.

"Panitia sudah melakukan Technical Meeting. Jadi untuk festival ini, panitia mengundang semua masyarakat di Riau untuk hadir, gratis," katanya.

Berdasarkan data panitia, sudah terdaftar 32 usaha kreatif sektor kriya atau kerajinan tangan, 25 usaha kuliner, 14 usaha fesyen, 8 usaha Desain Komunikasi Visual, 4 Usaha Musik, 2 usaha Video dan Animasi, 2 usaha Aplikasi dan Games, dan Satu Seni Pertunjukan.

Festival ini akan dibuka Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman dan dihadiri Kepala BI Perwakilan Riau, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Perwakilan Riau, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau, Pelaksana Tugas Wali Kota Pekanbaru, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru, serta Kepala Cabang Perbankan di Riau.