Tingkatkan Profesionalisme, Pemprov Riau Bentuk Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi

id tingkatkan profesionalisme, pemprov riau, bentuk badan, koordinasi sertifikasi profesi

Tingkatkan Profesionalisme, Pemprov Riau Bentuk Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemprov Riau membentuk Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) dalam upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme tenaga kerja di Riau.

"Para tenaga kerja dan lulusan perguruan tinggi memerlukan sertifikat kompetensi yang terstandar, sehingga bisa memiliki daya saing dalam pasar regional dan internasional," ujar Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten III bidang Administrasi Umum Setdaprov Riau Kasiaruddin dalam acara Sosialisasi BKSP di Pekanbaru, Rabu.

Ia juga mengatakan saat menghadapi MEA kualitas sumber daya masyarakat merupakan kunci keberhasilan suatu bangsa, dan salah satu cara untuk mempercepatnya adalah dengan memfasilitasi infrastruktur terkait seperti lembaga sertifikasi provinsi (LSP) dan adanya uji kompetensi di setiap sektor.

Ditemui di tempat yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, Rasidin Siregar menyatakan masih banyak tenaga kerja yang belum bersertifikasi di Riau.

"Dalam rangka menghadapi MEA kita harus mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten, agar tidak tersisih dan mampu bersaing dengan pekerja dari luar," ujarnya.

Ia juga berharap agar gubernur riau dapat menyampaikan kepada semua stakeholder dan SKPD terkait agar mempercepat peningkatan kompetensi sehingga SDM mampu bersaing di dalam dan luar negeri.

Lebih lanjut ia menambahkan agar BKSP sebagai fasilitator dapat mendorong dalam pembentukan LSP di berbagai bidang, sehingga tenaga kerja tidak perlu keluar Riau untuk meningkatkan kompetensi.

BKSP Riau rencananya akan dilantik secara resmi oleh Gubernur pada hari Kamis (15/12/2016) di Hotel Aryaduta Pekanbaru.

Oleh: Gebby Fadhila Sari