AJI Pekanbaru-Kedubes AS siap sinergi tingkatkan profesionalisme jurnalis

id Aji pekanbaru, kedubes AS

AJI Pekanbaru-Kedubes AS siap sinergi tingkatkan profesionalisme jurnalis

AJi Pekanbaru saat bertemu dengan perwakilan Konsul AS wilayah Sumatera. (ANTARA/Riski Maruto)

Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Konsul untuk Sumatera Bidang Politik dan Ekonomi, Konsulat Amerika Serikat (AS), Suraj S. Mungara dan Hans Sukantoselaku Asisten Ekonomi Konsulat Amerika Serikat bersilaturahmi denganAliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru, Kamis (22/8).

Silaturahmi digelar di sebuah kafe di Pekanbaru, dipimpin Ketua AJI Pekanbaru, Eko Faizin, Sekretaris Arif Gunawan, bersama sejumlah jajaran pengurus.

Pertemuan berlangsung hangat, mempererat silaturahmi kedua institusi. "Sudah lama pertemuan tatap muka bersama Konjen AS seperti ini tidak terjadi, pasca COVID-19 lalu," ujar Eko.

AJI dan kedutaan besar negara sahabat selama ini memiliki hubungan dan komunikasi yang baik, termasuk dari kedutaan besar Amerika Serikat.

Komunikasi formal dan informal terus terjaga, termasuk dengan berbagai kegiatan-kegiatan kolaboratif yang selalu digelar.

"Beragam tema kita selalu berkolaborasi dengan perwakilan negara-negara sahabat, termasuk Mitra kita dari Kedubes AS," lanjut Eko.

Sama halnya dengan Eko Faizin, Suraj S. Mungara juga mengungkapkan hal serupa, kerjasama dan komunikasi dengan AJI selalu terjaga.

Kolaborasi berbagai kegiatan selalu terjalin. Kerjasama dan kolaborasi ini meliputi berbagai tema, sosial hingga ekonomi.

Peningkatan profesionalisme jurnalis masih menjadi satu di antara sejumlah topik yang dititik beratkan keduabelah pihak.

"Kami support selalu kegiatan untuk peningkatan profesionalisme jurnalis dengan beragam program." papar Suraj.

Lebih lanjut, ia memastikan Partisipasi Kedutaan Besar AS akan terus ditingkatkan untuk mendukung profesionalisme jurnalis, dengan berbagai kegiatan.

Baca juga: AJI Pekanbaru : Homeless media berperan penting membuat konten isu lingkungan

Baca juga: AJI Pekanbaru dan PHR gelar pelatihan identifikasi hoaks bagi wartawan Rohil