Sejumlah Kreasi Miniatur Dari Bahan Bekas Akan Ramaikan FIKR 2016

id sejumlah kreasi, miniatur dari, bahan bekas, akan ramaikan, fikr 2016

Sejumlah Kreasi Miniatur Dari Bahan Bekas Akan Ramaikan FIKR 2016

Pekanbaru (Antarariau.com) - Beragam kerajinan miniatur dari barang bekas akan hadir meramaikan Festival Industri Kreatif Riau 2016, yang dilaksanakan pada 17 Desember mendatang di Kota Pekanbaru.

"Selain miniatur Vespa, beberapa miniatur lain yang juga akan ditampilkan diantaranya ialah motor gede, becak hingga drum set yang bahan dasar pembuatannya dari kaleng bekas," kata pemilik kerajinan miniatur "Angkelo Creation", Rahim Hidayat, kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Karya kriya Angkelo Creation menjadi salah satu peserta dalam Festival Industri Kreatif Riau (FIKR) 2016 di Kota Pekanbaru pada 17 Desember. Festival ini diselenggarakan oleh Kantor Berita ANTARA Biro Riau, dan akan berlokasi di pelataran parkir Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau di Jl Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Ia mengatakan beragam miniatur ini dapat dijadikan sebagai koleksi bagi mereka yang hobi dibidang vespa, alat musik maupun kendaraan lainnya.

"Selain itu, miniatur juga dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk kado ulang tahun," ujarnya.

Ia mengatakan untuk melakukan pemesanan satu miniatur, pembeli harus memesan paling lama empat hari sebelum diambil. Kemudian pilihan warna dan kaleng yang digunakan dalam miniatur kreasi ini bisa dipesan sesuai keinginan pembeli.

"Selain berbahan dasar kaleng, miniatur juga dapat dibuat dengan karton bekas untuk pembeli yang ingin mendapatkan dan memiliki miniatur pajangan dengan harga murah," jelasnya.

Namun lanjutnya, terkadang terdapat beberapa pembeli juga menginginkan miniatur yang berbahan botol kaca bekas, dan hal ini tentu akan berpengaruh terhadap menentukan lama serta rumitnya pengerjaan miniatur.

"Miniatur dari botol kaca bekas ini lebih sulit dibentuk dibanding kaleng," ujarnya.

Ia memaparkan usaha membuat miniatur ini sebenarnya hanya pekerjaan sampingan, pekerjaan utamanya ialah sebagai desain grafis.

"Pada siang saya mendesain dan malam baru bisa mengerjakan pesanan miniatur. Intinya supaya waktu saya tak terbuang percuma," ucapnya.

Ia menyebutkan harga untuk sebuah miniatur dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp30 ribu hingga Rp100 ribu.

"Saat ini miniatur hasil kreasi saya sudah terjual hingga ke Kota Medan dan Jakarta dengan brand Angkelo Creation," katanya.