Distribusi Listrik Belum Merata, Pemkab Pelalawan Akan Bangun CGN

id distribusi listrik, belum merata, pemkab pelalawan, akan bangun cgn

Distribusi Listrik Belum Merata, Pemkab Pelalawan Akan Bangun CGN

Pelalawan (Antarariau.com) - Pemerintah kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, akan membangun pembangkit listrik bertenaga "Compressed Natural Gas" (CNG) guna menuntaskan permasalahan listrik yang masih belum merata di desa-desa daerah setempat.

"Guna mengatasi persoalan listrik ini, Pemkab Pelalawan akan membangun Compressed Natural Gas (CNG) dengan tiga mesin di daerah Pulau Muda dan empat mesin di Bukit Kusuma," kata Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Pelalawan Nifto Anin melalui Kabid Kelistrikan Jhono Naidi dalam keterangannya, di Pelalawan, Senin.

Dia mengatakan, CNG merupakan pembangkit listrik dengan gas, dimana satu mesinnya nanti akan menghasilkan listrik sebesar 3,5 megawatt (Mw). Katanya pembangunannya akan bekerjasama dengan BUMD Pelalawan Tuah Sekata untuk mencarikan investor.

"Nantinya BUMD akan konsorsium dengan perusahaan, selanjutnya membentuk perusahaan operasional," ucapnya.

Dia sampaikan, saat ini tingkat Rasio Elektrifikasi (RE) Kabupaten Pelalawan yang sudah menikmati listrik mencapai 74,24 persen. Dimana 45 persennya dikelola Pemkab dan selebihnya BUMD Tuah Sekata serta swadaya masyarakat.

Untuk masyarakat yang belum menikmati listrik diterangkan Jhoni didominasi oleh dua kecamatan. Diantaranya Teluk Meranti dan Kuala Kampar. Ditempat tersebut ada 12 desa yang belum teraliri listrik. Begitu juga beberapa desa di kecamatan Pangkalan Kuras, Pangkalan Lesung, Bandar Petalangan dan Ukui.

"Dengan CNG dan gas murni yang ada, tentu sangat mendukung untuk menuntaskan persoalan listrik di Kabupaten Pelalawan," pungkasnya.

Dikatakan Jhoni , pembangunan pembangkit CNG dinilai sangat tepat untuk mengatasi listrik di Pelalawan. Terlebih gas yang dihasilkan di Kecamatan Langgam adalah murni dengan 9,8 oktan. Dengan kualitas terbaik tanpa ada proses penyulingan dan lain sebagainya.

Dia berharap, dengan demikian RE kabupaten Pelalawan terus meningkat. Sehingga masyarakat daerah setempat seluruhnya dapat menikmati listrik.

Oleh: Nella Marni