Meranti Serahkan Delapan Ambulans Darat Dan Laut Kepada Beberapa Puskesmas

id meranti serahkan delapan ambulans darat dan laut kepada beberapa puskesmas

Meranti Serahkan Delapan Ambulans Darat Dan Laut Kepada Beberapa Puskesmas

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau menyerahkan enam mobil ambulans dan dua kapal ambulans bagi beberapa Puskesmas wilayah setempat.

"Dengan penambahan fasilitas ambulans laut ini kita harapkan akan semakin baik pula pelayanan kesehatan yang diberikan," kata Bupati Kepulauan Meranti Irwan usai acara Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-52, 2016 di Meranti, Kamis.

Irwan menjelaskan bantuan delapan unit ambulans darat dan laut ini sebagai upaya mempermudah masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan khususnya wilayah pinggiran dan terluar.

"Dengan begitu, para petugas kesehatan tinggal lagi meningkatkan kinerja dalam memberikan fasilitas kesehatan," terang Irwan.

Menurut Irwan sebelumnya pemberian ambulans laut juga sudah dilakukan. Sehingga dengan bantuan empat unit fasilitas laut ini ditempatkan di Kecamatan yang jauh.

"Sebelumnya, ambulans laut telah dikelola oleh Badan Amil Zakat dan sudah berjalan dengan sangat efektif," terang di.

Selain menambah fasilitas, Pemkab Meranti dalam waktu dekat membangun Puskesdes di Desa Pemekaran, termasuk juga pembangunan Laboratorium dan rumah dinas yang diperuntukan untuk petugas kesehatan.

"Kami berharap tidak adalagi keluhan dari masyarakat terkait tidak adanya petugas kesehatan di Puskesmas maupun Puskesdes," tegasnya.

Disisi lain Kepala Dinas Kesehatan Meranti Irwan Suwandi membenarkan bantuan enam unit mobil ambulans ini dan akan diserahkan disebar kepada Puskesmas Se-Kabupaten Meranti serta disiagakan di Pelabuhan Buton.

"Satu unit Pusling untuk Puskemas Selatpanjang, dua ambulans laut untuk Desa Sungai Tohor dan Belitung," terangnya.

Ia menambahkan, ada juga diserahkan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yakni dua unit ambulans laut untuk Desa Bandul dan Tj. Samak, satu unit mobil box untuk Dinas Kesehatan.

"Untuk memberikan semangat Bapak bupati juga menyerahkan penghargaan untuk Desa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan yakni Desa Sungai Cina, Segomeng, Batang Malas, Mekong, Bantar, Alah Air Timur, Alai Selatan, Desa Bokor, Sungai Tohor dan Dwi Tunggal," tegasnya.

Bupati juga berkesempatan menyerahkan penghargaan untuk tenaga kesehatan terbaik yakni kepada Lis Nurwidarsih, Nurmaidah sebagai peringkat I tenaga kesehatan di UPT Puskesmas Kecamatan, dan juga penyerahan penghargaan Puskesmas terbaik yakni UPT Puskesmas Alai. Penghargaan lainnya kategori Program Tanaman Obat Keluarga diberikan kepada UPT Puskesmas Kecamatan Rangsang Barat.