Ribuan Orang Kunjungi Puswil Riau Setiap Harinya

id ribuan orang, kunjungi puswil, riau setiap harinya

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebagai salah satu landmark kota Pekanbaru, Perpustakaan Soeman HS ramai didatangi pengunjung.

"Perpustakaan ini menerima kunjungan 500-1000 orang setiap harinya," ujar Pengawas UPT Pelayanan Perpustakaan Soeman HS, Panogoan Sihombing di Pekanbaru, Kamis.

Panogoan Sihombing menjelaskan bahwa rata-rata pengunjung puswil berasal dari kalangan mahasiswa ataupun pelajar sekolah. Kondisi yang nyaman serta fasilitas yang memadai menjadi alasan dari tingginya jumlah kunjungan tersebut.

Selain itu, Panogoan menyebutkan bahwa pihaknya terus melakukan berbagai perbaikan dalam hal pelayanan serta peningkatan kenyamanan dari para pengunjung.

"Kenyamanan dari para pengunjung juga merupakan salah satu prioritas bagi kami," Imbuhnya.

Selain itu, lokasi yang strategis membuat masyarakat Pekanbaru ataupun dari luar Pekanbaru mudah untuk mengunjungi karena berada bersisian dengan Kantor Gubernur Riau.

Fasilitas yang tersedia juga lengkap, diantaranya Children Library yang menjadi tempat baca bagi anak-anak serta bereksplorasi didampingi para orang tua dan pada saat tertentu diadakan kegiatan storytelling oleh pustakawan. Selain itu, di puswil Riau juga terdapat Ruang kedap suara untuk diskusi dan seminar, ruang pemutaran film dan diskusi film, ruang internet, auditorium, musholla, kafe, dan koleksi buku yang cukup lengkap.

Ponogoan menyebutkan, koleksi di perpustakaan ini mencapai ratusan ribu buku meliputi buku-buku komputer, informasi dan referensi umum, filsafat dan psikologi, agama, ilmu sosial, bahasa, sains dan matematika, teknologi, kesenian dan rekreasi, sastra, serta sejarah dan geografi.

Dari segi budaya, perpustakaan Soeman HS juga memiliki area khusus bernama Bilik Melayu yang berisikan buku-buku sejarah dan sastrawan Riau serta buku-buku Melayu. Hal ini sesuai dengan visinya untuk menjadi perpustakaan modern berbasis budaya Melayu dengan nuansa agamis yang didukung oleh pemanfaatan teknologi mutakhir. Terkait dengan hal tersebut, perpustakaan ini juga ditetapkan sebagai pusat buku-buku sejarah kebudayaan Melayu di Sumatera karena lengkapnya koleksi literatur tentang Melayu yang dimiliki.

Di sini juga disediakan fasilitas OPAC (Online Public Access Catalog) yang merupakan komputer online untuk mencari letak buku yang diperlukan. Cukup dengan mengetik judul buku atau nama pengarangnya, maka letak ataupun posisi dari buku tersebut akan mudah ditemukan.

Perpustakaan Soeman HS buka setiap hari dari jam 8.00 WIB- 16.00 WIB untuk hari Senin hingga Jumat, sedangkan jam 9.00 WIB- 14.00 WIB di hari Sabtu dan Minggu.

"Saat ini jarang ditemui perpustakaan yang buka hingga akhir minggu, untuk meningkatkan minat baca, kami siap untuk bekerja bahkan di hari Sabtu dan Minggu," ujarnya.

Oleh: Gebby Fadhila Sari