Distanak Pekanbaru Gelar Pelatihan Untuk Puluhan Peternak Ikan Pemula

id distanak pekanbaru, gelar pelatihan, untuk puluhan, peternak ikan pemula

Distanak Pekanbaru Gelar Pelatihan Untuk Puluhan Peternak Ikan Pemula

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru memberi pelatihan puluhan peternak ikan pemula di wilayah setempat.

"Ada 20 peternak pemula asal Pekanbaru dilatih budi daya pembesaran ikan," kata Kadis Pertanian dan Perikanan Pekanbaru, El Syabrina, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut El sapaan mantan Kadisperidag ini pelatihan rutin tiap tahunnya guna menambah pengetahuan para peternak ikan pemula.

Selain itu diharapkan akan meningkatkan ekonomi masyarakat serta kemandirian rumah tangga.

El menyebutkan dalam pelatihan ini pihaknya ingin memberikan ilmu kepada peternak pemula yang selama ini tertarik karena hobi untuk mengembangkan ikan.

"Kami ingin menyampaikan hal-hal yang perlu diketahui peternak pemula, bagaimana untuk membesarkan ikan, merawat, memberi pakan, dan sebagainya." terang El lagi.

El menerangkan sebenarnya Pekanbaru memiliki potensi produksi ikan yang besar yakni 650 hektare kolam. Namun sejauh ini belum maksimal pemanfaatannya.

"Dari potensial 650 hektare kolam budi daya ikan hanya 51 persen yang termanfaatkan," katanya lagi.

Karena itu El berharap rumah tangga yang ada di Pekanbaru juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi alternatif penghasilan tambahan.

"Sekarang banyak gerai makanan pecel lele yang membutuhkan jenis ikan yang mendominasi, yakni lele dan nila," tegasnya.

Menurutnya, pelatihan ini sudah tertunda harusnya dilaksanakan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah murni 2016, karena ada rasionalisasi sehingga dianggarkan pada perubahan.

Ia menambahkan Distanak akan terus mengupayakan produksi ini meningkat tiap tahun dengan melakukan pelatihan.

Sebelumnya diberikan Dinas Pertanian Kota Pekanbaru juga melakukan pelatihan memijah ikan sendiri bagi petani guna mememenuhi bibit lokal.

"Kami memiliki program untuk menciptakan petani ikan bukan hanya sebagai peternak tetapi juga menjadi entrepreneur," kata Kadistan Pekanbaru, El Syabrina, di Pekanbaru, Senin.

Menurut El, untuk menjadi pengusaha ikan petani harus memiliki keahlian dibidang pembibitan, sehingga tidak tergantung kepada daerah lain.

Selama ini diakui El bibit ikan yang dipelihara oleh petani Pekanbaru didatangkan dari Kampar dan Payakumbuh.

"Kedepan kami berharap tidak lagi, makanya kami sudah melatih peternak ikan besar cara memijah," jelas El.

El menjelaskan walau Pekanbaru tidak memiliki sungai dan danau khusus untuk pengembangan ikan, namun tiap tahun wilayah yang berkembang menuju Metropolitan itu mampu menghasilkan berbagai ikan dengan cara penangkaran kolam terpal. Khususnya untuk jenis lele.