Menpan-RB: Terapkan E-Goverment Guna Tingkatkan Pelayanan Publik Di Riau

id menpan-rb terapkan, e-goverment guna, tingkatkan pelayanan, publik di riau

Menpan-RB: Terapkan E-Goverment Guna Tingkatkan Pelayanan Publik Di Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Asman Abnur mengatakan Pemprov Riau menjadi percontohan penerapan e-government atau pemerintahan berbasis elektronik dalam rangka peningkatan pelayanan publik.

"Implementasi pelayanan publik dengan penerapan teknologi sudah tercermin di Riau. Saya minta pak gubernur Riau untuk siap-siap karena provinsi ini dapat menjadi percontohan bagi daerah lain," kata Asman Abnur dalam kunjungan kerjanya di Pekanbaru, Rabu.

Menpan-RB mengatakan, implementasi pelayanan publik dari penerapan e-government merupakan salah satu langkah dalam program percepatan reformasi birokrasi yang diinstruksikan Presiden RI, Joko Widodo.

"Kesadaran sudah dimulai dari pimpinan daerahnya, seperti di Riau Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) penerapan teknologi dalam pelayanan di Samsat dan pelayanan SIM serta gubernur Riau di Badan pelayanan perizinan terpadu (BP2T)," sebutnya.

Saat di BP2T Riau, Menpan-RB berdialog dengan salah-satu penerima layananan dan menanyakan kemudahan yang diperoleh. "Pelayanan seperti ini mempermudah masyarakat tidak dipersulit lagi. Kalau ada kendala hari ini bisa langsung dilaporkan dengan tombol pengaduan yang langsung terhubung secara "online"," tuturnya.

Menurut dia, banyak kemudahan yang diperoleh dengan penerapan sistem teknologi mulai dari transparasi penggunan anggaran, penghematan anggaran yang bisa langsung dihitung, implementasi kegiatan pimpinan, serta kinerja serta realisasi serapan anggaran satuan perangkat kerja daerah (SKPD) ditinjau secara langsung.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTST), diharapkan segala kemudahan dapat diperoleh masyarakat, investor maupun pelaku usaha. Hal demikian disampaikannya demi terwujudnya pelayanan prima dengan didorong sistem pelayanan yang transparansi berbasis teknologi.

Andi Rachman, begitu pria ini akrap disapa mengatakan pelayanan perizinan juga dengan sasaran para pelaku usaha maupun investor yang melirik potensi investasi di kawasan tersebut.

Saat ini PTSP telah melayani berbagai macam investasi diantaranya Izin Penanaman Modal, Izin Usaha Perubahan, Izin usaha Perluasan.

Keterbukaan informasi juga terus didorong Pemprov setempat dengan merilis Riau Go IT, penerapan teknologi tersebut juga dimaksudkan dalam mempermudah pelayan perizinan, melaui website bp2t.riau.go.id.

Oleh: Diana Syafni