Rusunawa Rejosari Diminati Ratusan warga Pekanbaru

id rusunawa rejosari, diminati ratusan, warga pekanbaru

Rusunawa Rejosari Diminati Ratusan warga Pekanbaru

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 200 warga Kota Pekanbaru berminat akan menyewa Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang berada di Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya setempat.

"Saat ini Rusunawa telah bisa ditempati masyarakat, sudah ada 200 masyarakat yang berminat," kata Staf Rusunawa Rejosari Muslim di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, sejak dibuka pendaftaran sebulan lalu, pihaknya saat ini sudah mendapatkan calon penyewa.

Jika disepakati maka mereka akan menempati bangunan Rusunawa yang terdiri dari lima lantai dengan kapasitas 96 kamar dan 15 dengan tipe rumah.

Untuk besaran sewa, Pemerintah Kota Pekanbaru menetapkan harga sebesar Rp175 ribu hingga Rp300 ribu per bulan.

"Harga ini ditetapkan berdasarkan ruang atau lantai yang dipilih. Untuk bangunan lantai satu, disediakan ruangan aula, kantor administrasi, ruang komersial, kantin, musala, parkir, dan ruangan untuk Manula. Sementara untuk lantai dua hingga lantai lima, disewakan sebagai rumah tinggal," ujarnya.

Menurut dia tujuan awal pembangunan Rusunawa tersebut adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah sewa yang bermanfaat, aman, sehat dan murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Karena itu Pemerintah Kota Pekanbaru menetapkan salah satu persyaratan bagi penyewa adalah melampirkan surat keterangan berpenghasilan rendah dari instansi atau perusahaan tempat bekerja dan surat keterangan belum memiliki rumah tinggal dari lurah setempat.

Selain itu, persyaratan lainnya adalah fotokopi KTP suami atau istri, fotokopi kartu keluarga, pas foto berwarna, dan fotokopi surat nikah.

Ia menambahkan pihaknya tengah menseleksi masyarakat yang berhak menempati bangunan tersebut agar tidak salah sasaran.

"Kami tengah menyaring masyarakat yang telah mendaftar untuk menempati Rusanawa supaya tidak salah sasaran," ucapnya.

Ia menjelaskan, kendati jumlah masyarakat mendaftar sudah melebihi kapasitas, namun pihaknya sampai saat ini masih memberikan kesempatan bagi masyarakat Pekanbaru untuk melakukakan pendaftaran.

"Kami masih membuka pendaftaran bagi yang berminat," ujarnya.

Untuk harga sewa, katanya, tergantung lantai bangunan. Lantai dua disewakan sebesar Rp300 ribu, lantai tiga Rp275 ribu, lantai empat Rp250 ribu, dan lantai lima Rp175 ribu.

Ketika disinggung kapan bangunan tersebut bisa ditempati, dirinya belum dapat memastikannya.

"Kami lagi mencoba menghubungi ulang masyarakat yang telah mendaftar. Kami upayakan beberapa hari ke depan sudah ada masyarakat menghuni Rusunawa tersebut," katanya.