Perangkat Desa Inhil Dapat Pelatihan Pertahanan Darat Dari TNI

id perangkat desa, inhil dapat, pelatihan pertahanan, darat dari tni

Perangkat Desa Inhil Dapat Pelatihan Pertahanan Darat Dari TNI

Pekanbaru (Antarariau.com) - Tentara Nasional Indonesia yang tergabung dalam jajaran Kodim 0314/Inhil, Provinsi Riau melaksanakan edukasi dan pembinaan tentang Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat bagi unsur perangkat desa setempat.

"Ini amanah UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI," kata Kasdim Mayor Inf Suratno di Inhil, Jumat.

Mayor Inf Suratno menjelaskan Dalam mengemban amanah UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, salah satu tugas TNI AD adalah melaksanakan pemberdayaan Wilayah Pertahanan di darat dengan menyiapkan segala potensi dan sumber daya yang ada secara dini untuk kepentingan pertahanan negara di darat.

"Berkaitan dengan tugas tersebut TNI berkepentingan dalam mempersiapkan sistem pertahanan semesta (Sishanta) yang digunakan bangsa Indonesia bertumpu pada kekuatan TNI sebagai komponen utama," katanya menerangkan.

Selain itu sebut dia TNI juga memiliki tugas mempersiapkan sumber daya nasional sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung.

Dalam hal upaya meningkatkan potensi sumber daya nasional menjadi kekuatan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh, maka perlu dilakukan pembinaan teritorial yang melibatkan seluruh komponen bangsa.

"Salah satu kegiatan untuk mewujudkannya adalah dengan komunikasi sosial, bhakti TNI dan pembinaan perlawanan wilayah," katanya.

Menurut dia dengan adanya kegiatan pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat bagi unsur perangkat desa diharapkan para peserta mampu menerima dan melaksanakan kegiatan Binter di lapangan, sehingga seluruh satuan Komando Kewilayahan dan non Kowil mengetahui serta memiliki pemahaman, langkah dan tindakan yang sama tentang bagaimana penyelenggaraan pembinaan teritorial.

Juga diharapkan pembinaan teritorial dapat dilaksanakan dengan benar oleh setiap prajurit di lapangan.

"Kepada seluruh peserta agar memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin dengan cara mendengarkan, memperhatikan dan menanyakan hal-hal yang belum dimengerti sehingga nantinya materi embinaan tata ruang wilayah pertahanan Darat ini benar-benar dapat dipahami dan diaplikasikan di lapangan serta mampu menyebar luaskan hasil pembinaan kepada seluruh prajurit di wilayahnya masing-masing," katanya.

Acara yang bertempat di Aula Makodim 0314/Inhil dihadiri oleh Kasdim Mayor Inf Suratno dan di ikuti oleh ¿perwakilan dari perangkat desa dan kelurahan serta dari Koramil 01/Tembilahan, Koramil 02/Tembilahan Hulu, Koramil 03/Tempuling, Koramil 04/Kuindra, Koramil 05/Gas, koramil 06/Kateman, Koramil 07/Reteh dan Koramil 08/Mandah yang masing-masing membawa dua orang perwakilan.