Kemhan sosialiasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat desa di Ambon

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, bela negara

Kemhan sosialiasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat desa di Ambon

Kementerian Pertahanan (Kemhan) melakukan sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat desa di Kota Ambon Provinsi Maluku, Senin (21/8) . (ANTARA/ Penina F Mayaut)

Ambon (ANTARA) - Kementerian Pertahanan (Kemhan) melakukan sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat desa di Kota Ambon Provinsi Maluku.

"Sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat desa di Kota Ambon bertujuan untuk menyebarluaskan nilai dasar bela negara, sebagai tanggung jawab bersama seluruh kementerian lembaga termasuk pemerintah daerah serta seluruh komponen bangsa," kata Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan, Mayjen TNI Mohammad Fadjar dalam sambutan yang dibacakan Direktur Bela Negara Brigjen TNI Sarwono, di Ambon, Senin.

Dikatakannya, sosialisasi pembinaan kesadaran bela negara bagi perangkat desa merupakan bagian dari upaya membangun sikap mental dan karakter bangsa, serta kegiatan yang tidak terpisahkan dari pembangunan revolusi mental dari kabinet Indonesia bersatu.

Pasal 27 ayat 3 undang-undang dasar 1945 mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

"Sosialisasi bela negara dilakukan untuk membangun dan menanamkan sikap mental dan perilaku warga negara, senantiasa cinta kepada tanah memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara," katanya.

Dijelaskan, implementasi nilai dasar bela negara sangat penting dan dibutuhkan bagi negara, jika mencermati perkembangan dinamika ancaman saat ini, kemajuan teknologi dan keterbukaan. Informasi potensi ancaman yang membahayakan kedaulatan negara keutuhan wilayah.

"Karena itu nilai bela negara itulah diharapkan akan menjadi landasan sikap dan perilaku kita semua yang diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sesuai bidang dan profesi masing-masing," ujarnya.

Sementara itu Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena menambahkan, kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan semangat bersama dalam membela negara, dan membangun bangsa ini.

Negara akan kuat dan besar jika semua warga bangsa mampu mengambil peran untuk menjadikan bangsa ini, untuk lebih maju lagi dengan semangat bela negara.

"Kita akan mampu mewujudkan negara Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian serta berlandaskan gotong royong, untuk itu saya mengajak kita semua untuk bersama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab kebangsaan kita untuk ikut serta dalam bela negara dimanapun kita berada," kata Bodewin.

Baca juga: 1.200 peserta pramuka ikut Kemah Bela Negara di Bengkulu

Baca juga: 15 Perwira PHR WK Rokan ikut pembekalan Bela Negara