Besok Disdukcapil Dumai Lakukan Sosialisasi KIA

id besok disdukcapil, dumai lakukan, sosialisasi kia

Besok Disdukcapil Dumai Lakukan Sosialisasi KIA

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pelaksanaan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Dumai akan disosialisasikan pemerintah melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat bersama Kemendagri Rabu besok.

"Penunjukan Dumai sebagai pilot project pelaksanaan penerbitan KIA ini merupakan penghargaan dari pusat atas kesuksesan dalam pembuatan akta kelahiran, dan kita akan segera sosialisasi ke tengah masyarakat," kata Kepala Disdukcapil Dumai Suardi kepada wartawan, di Dumai, Selasa.

Kota Dumai sebelumnya telah ditetapkan sebagai pilot project atau percontohan pelaksanaan penerbitan KIA di Provinsi Riau oleh pemerintah pusat karena dianggap berhasil menerbitkan akte kelahiran.

Dijelaskan, sosialisasi dilaksanakan selain menindaklanjuti penetapan kota percontohan, juga agar masyarakat mengetahui tentang program pemenuhan kewajiban kepemilikan dokumen indentitas bagi penduduk berusia kurang dari 17 tahun.

Sosialisasi yang akan dihadiri perwakilan Ditjen Dukcapil Kemendagri RI ini bertujuan juga memberi pemahaman bahwa KIA untuk meningkatkan pendataan, perlindungan pelayanan publik serta upaya pemenuhan hak konstitusional warga.

"Sosialisasi akan diikuti perwakilan elemen masyarakat, karena KIA adalah bukti pengakuan negara atas identitas anak serta wujud perhatian dan kasih sayang orang tua agar anak mandiri," jelasnya.

Menurutnya, Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil juga akan menguji penerapan KIA di 50 kabupaten kota yang akan dimulai secara menyeluruh pada 2017 mendatang di seluruh daerah.

Wali Kota Dumai Zulkifli As menilai penunjukkan sebagai pilot project ini tentu saja merupakan kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Dumai, karena itu diminta dukungan semua aparatur, baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan.

"Instansi terkait dibantu camat dan lurah harus bersinergi dan bekerjasama menyukseskan pelaksanaan program KIA ini karena Dumai ditunjuk sebagai salah satu kota percontohan," harap wali kota.