Uang Palsu Beredar di Pelalawan, Pelaku Tertangkap Saat Beli Rokok

id uang, palsu beredar, di pelalawan, pelaku tertangkap, saat beli rokok

 Uang Palsu Beredar di Pelalawan, Pelaku Tertangkap Saat Beli Rokok

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Pelalawan, Provinsi Riau mengungkap peredaran uang palsu yang rencananya akan diedarkan di Kota Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

"Dari pengungkapan sementara, kita mengamankan 10 lembar uang palsu senilai Rp100 ribu," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan dari pengungkapan yang dilakukan pada Senin dinihari tadi sekitar pukul 01.00 WIB tersebut, petugas mengamankan seorang pelaku berinisial HW.

Pengungkapan tersebut berawal saat pelaku HW mendatangi sebuah toko di Kota Pangkalan Kerinci untuk membeli rokok. Saat membayar di kasir, pelaku mengeluarkan uang sebesar Rp100 ribu.

Pada saat pembayaran itu dilakukan, kasir toko langsung curiga dan meminta kepada HW untuk menunggu sebentar. Namun, HW mulai ketakutan saat kasir toko mencurigai uang yang dibayarkannya.

"Pelaku sempat berusaha kabur setelah kasir toko mencurigai uang pembayaran itu," ujarnya.

Akan tetapi, pelaku berhasil diamankan setelah sejumlah warga membantu mengejar pelaku. Warga selanjutnya langsung menghubungi polisi untuk selanjutnya diperiksa lebih lanjut di Mapolres Pelalawan.

Dari pemeriksaan sementara diketahui bahwa pelaku sengaja menyiapkan sejumlah uang palsu untuk disebarkan di Pangkalan Kerinci. Saat ini pelaku berikut barang bukti diamankan di Mapolres Pelalawan guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut.