Wako Pekanbaru Resmikan Revitalisasi 3 Pasar Bernilai Rp11,7 Miliar

id wako pekanbaru, resmikan revitalisasi, 3 pasar, bernilai rp117 miliar

Wako Pekanbaru Resmikan Revitalisasi 3 Pasar Bernilai Rp11,7 Miliar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, meresmikan tiga pasar tradisional hasil revitalisasi bantuan Kementerian Perdagangan tahun 2015 yang nilainya hampir Rp11,7 miliar di Kota Pekanbaru. "Ada dua pasar yang direvitalisasi dengan dana bantuan Kementerian Perdagangan, dan satu menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pekanbaru," ungkap Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Rabu, di Pekanbaru.

Dua pasar yang mendapat bantuan pusat tersebut adalahPasar Limapuluh, dan Pasar Rumbai. Sementara satu pasar yang dibangun oleh ABPD Pemko yaitu Pasar Higenis Teratai.

"Pasar Limapuluh tahap I biayanya Rp10 miliar, Rumbai sekitar Rp1,7 miliar dan Teratai Rp2,7 miliar," bebernya.

Firdaus mengatakan upaya perbaikan fasilitas pasar di Pekanbaru terus dilakukan secara bertahap, mulai dari pasar-pasar pemerintah yang sudah ada selama ini hingga pengusulan pembangunan pasar baru di setiap kecamatan.

Tujuannya jelas untuk menciptakan tempat dan lokasi berjualan yang aman, nyaman , serta higenis bagi para pedagang dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dengan pasar ini nantinya semua pedagang yang berjualan disembarang tempat bisa tertampung pada bagunan yang ada. Walau diakuinya pemko keterbatasan dana.

Namun program revitaslisasi 1.000 pasar yang dicanangkan Presiden Jokowi akan digaet oleh daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Azwan, selaku leadeng sektor pembangunan/revitalisasi pasar tradisional bantuan Kemendag mengaku akan mengusulkan pasar lainnya untuk direvitalisasi.

"Tahun 2017 kami usulkan lagi dana Rp15 miliar untuk pembangunan tahap II Pasar Limapuluh," ucapnya.

Azwan menambahkan Pasar Limapuluh ini merupakan bangun terbaik yang sudah ada di Sumatera diantara pasar revitalisasi lainnya.

"Rencananya Pasar Limapuluh akan dijadikan pusat peremian program revitalisasi pasar untuk wilayah Sumatera bulan Mei mendatang," tambahnya.

Data Dinas Pasar mencatat di Pasar Limapuluh terdapat 102 kios, Rumbai 63 los, dan Pasar Higenis Teratai ada 150 kios.