Perebutkan 10 Kuota, 39 Siswa Rohil Ikuti Seleksi Masuk UGM

id perebutkan 10, kuota 39, siswa rohil, ikuti seleksi, masuk ugm

Perebutkan 10 Kuota, 39 Siswa Rohil Ikuti Seleksi Masuk UGM



Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Sebanyak 39 siswa terpilih dari berbagai sekolah tingkat SMA di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengikuti ujian seleksi masuk perguruan tinggi di Universitas Gajah Mada (UGM) melalui jalur Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan.

"Dari 39 siswa ini diseleksi dan nanti 10 orang berpeluang mendapat kuota atas kerjasama Pemkab Rohil dengan UGM," kata Bupati Rokan Hilir Suyatno usai memantau pelaksanaan ujian seleksi masuk UGM di Aula Kantor Dinas Pendidikan Rohil, Rabu.

Bupati berharap UGM bisa memberikan 10 kuota siswa tersebut sesuai MoU yang telah ditandatangani bersama Pemkab Rohil.

Bahkan, ia juga berjanji bagi siswa yang sudah dikuliahkan menggunakan dana APBD kedepannya akan direkrut kembali untuk bekerja di lingkungan Pemkab Rohil sesui ilmu yang dimiliki.

"Ini peluang yang bagus, apalagi bagi anak-anak kita yang berprestasi untuk bersaing dan kuliah di perguruan tinggi terkenal dan dibiayai oleh pemerintah daerah," ujar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Rohil Amiruddin menjelaskan, sebanyak 10 kuota ssswa tersebut dibiayai kuliahnya sampai semester VIII atau selama empat tahun.

"Kerjasama ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu dan sukses. Bahkan, semua yang dikuliahkan bisa menyelesaikan kuliah mereka sesuai jadwal yang ditetapkan," kata Amiruddin.

Amiruddin menambahkan, selain UGM beberapa perguruan tinggi terkemuka di Indonesia juga telah dijalin kerjasama dengan Pemkab Rohil, diantaranya IPB, Politeknik Caltex Riau, ITS dan Universitas Riau.

"Untuk ITB kerjasamanya sudah dihentikan karena perguruan tinggi ini menghentikan MoU dengan seluruh pemerintah daerah di Indonesia," tuturnya. (Adv)

Oleh: Dedi Dahmudi