Satpol-PP Kuansing Beli Mobil Pemadam Kebakaran Atasi Karhutla

id satpol-pp kuansing beli mobil pemadam kebakaran atasi karhutla

Satpol-PP Kuansing Beli Mobil Pemadam Kebakaran Atasi Karhutla

Kuansing, (Antarariau.com) - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuansing rencananya akan membeli satu unit mobil pemadam kebakaran guna Untuk mengatasi karhutla yang selalu terjadi setiap tahun.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuansing, Erdiansyah, S.Sos menyebutkan bahwa nantinya Damkar baru tersebut akan difungsikan untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi di Kuansing namun tidak menutup kemungkinan juga difungsikan untuk membantu memadamkan sejumlah kebakaran lainnya.

"Semoga damkar ini juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lainnya," ungkap Erdiansyah.

Erdiansyah menyebutkan bahwa Satpol PP mengusulkan peralatan Damkar yang lengkap, seperti mobil Damkar, mobil tangga, dan mobil penerobos. Namun hingga saat ini belum dapat dipastikan bagaimana mobil Damkar yang akan dibeli nantinya. Meski bukan menjadi tugas pokok dari Satpol PP untuk memadamkan kebakaran, namun ia berpendapat menjaga keamanan suatu wilayah adalah tugas bersama. oleh karena itu ia berharap agar rencana pembelian mobil Damkar tersebut dapat segera direalisasikan.

"Ini semua menyangkut keamanan bersama, maka harus dihadapi bersama juga", imbuhnya.

Menurutnya Kuansing merupakan salah satu daerah yang rawan terjadi Karhutla, sehingga perlu penambahan armada dan peralatan pemadaman kebakaran. Disamping armada Damkar milik Pemkab, Damkar milik perusahaan-perusahaan yang ada di Kuansing juga bisa digunakan jika terjadi kebakaran.

Lebih jauh ia menyebutkan bahwa nantinya akan dilaksanakan pelatihan tata cara pemadaman oleh pihak Damkar Kabupaten Kuansing. pasalnya memadamkan api bukanlah perkara mudah. aspek keselamatan dari para personil juga patut mendapatkan perhatian.

"Tidak hanya Karhutla namun juga ada kebakaran rumah, lahan dan sarana pemerintah dan swasta," pungkasnya. (ADV)