Pemenuhan Air Bersih dan Jaringan Listrik Dumai Belum Ada Kemajuan

id pemenuhan air, bersih dan, jaringan listrik, dumai belum, ada kemajuan

Pemenuhan Air Bersih dan Jaringan Listrik Dumai Belum Ada Kemajuan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Legislator Kota Dumai, Provinsi Riau Gusri Effendi meminta pemerintah daerah agar dapat menggesa pemenuhan sarana air bersih dan jaringan listrik bagi masyarakat karena sangat mendesak dan dinantikan sejak lama.

Menurut dia, pemerintah di bawah kepemimpinan wali kota baru hendaknya dapat merealisasikan segera kebutuhan prioritas masyarakat terhadap air bersih dan jaringan listrik di sejumlah kecamatan pinggiran yang belum tersentuh penerangan.

"Kebutuhan air bersih sudah lama diidamkan masyarakat dan pemerintah diharapkan melanjutkan kembali program ini yang sebelumnya telah dimulai pada 2008 silam," kata Gusri, di Dumai, Rabu.

Dia menilai, program air bersih di daerah ini belum ada kemajuan, padahal masyarakat berharap besar dapat segera terwujud mengingat kesulitan mendapatkan kebutuhan hak dasar hidup tersebut.

Selain itu, masyarakat juga mendesak ketersediaan jaringan listrik di sejumlah kecamatan pinggiran, yaitu Kecamatan Medang Kampai, Bukit Kapur dan Sungai Sembilan dengan penambahan tiang ke daerah tersebut.

"Dalam proses pembangunan pasti ada skala prioritas untuk masyarakat, namun hendaknya harus melewati kajian yang matang dan terencana sebelum diakomodir," jelas Ketua DPRD ini.

Disamping dua program tersebut, Politisi PDIP ini juga menilai program penanganan banjir penting mendapat perhatian serius pemerintah dan peningkatan pelayanan kesehatan serta pendidikan terus ditingkatkan.

Terkait sejumlah persoalan tersebut, dia mengingatkan satuan kerja perangkat daerah untuk aktif melobi anggaran yang ada di provinsi maupun pusat agar proses pembangunan tersusun tidak terkendala dan tetap berjalan baik.

Akibat keterbatasan keuangan, SKPD diharapkan bisa melakukan kerjasama anggaran serta tidak bertumpu pada APBD Dumai dalam pelaksanaan program pembangunan, terutama skala prioritas dan pengembangan daerah pinggiran.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS juga menegaskan agar kepala SKPD aktif mencari sumber pendanaan pembangunan yang tersedia di pemerintah provinsi atau pusat karena anggaran daerah terbatas.

Anggaran Dumai dalam beberapa tahun terakhir terus mengalami penurunan dan ini harus disikapi dengan kerja keras SKPD mencari kucuran dana pembangunan agar proses pembangunan terus berjalan sesuai rencana.

"Kinerja SKPD diharapkan maksimal dengan terus meningkatkan lobi anggaran dan tidak saja bergantung pada kondisi keuangan daerah yang mengalami penurunan," harap dia.