Pemkab Bengkalis Tekankan Kepala Desa Percepatan Penyusunan APBDes

id pemkab bengkalis, tekankan kepala, desa percepatan, penyusunan apbdes

Pemkab Bengkalis Tekankan Kepala Desa Percepatan Penyusunan APBDes

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menekankan pemerintah desa di daerah itu untuk mempercepat penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APB-Desa) tahun 2016.

"Bagi desa yang hingga saat ini belum menyusun APB-desa, kami tekankan agar mempercepat penyusunan APB-desa. Karena esensi APB-desa memberikan dampak dalam pembangunan dan pergerakan ekonomi masyarakat setempat," kata Bupati Bengkalis Amril Mukminin di Bengkalis, Rabu.

Ia mengatakan, untuk mendukung kelancaran program pembangunan desa, pemerintah desa wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan menyusun rencana kerja pembangunan desa (RKP-Desa) sesegera mungkin dan sebaik- baiknya.

"Pembangunan desa harus dilakukan secara bersama, artinya setiap perencanaan pembangunan harus melibatkan seluruh komponen desa, baik itu kepala desa, aparatur desa dan badan pemusyawaratan desa (BPD) serta masyarakat," katanya.

Selain itu lanjutnya lagi, kepala desa dituntut untuk senantiasa membangun hubungan yang harmonis dengan seluruh elemen desa, kemudian kepala desa juga harus peka terhadap persoalan yang ada di lingkungannya seperti adanya pendatang baru dan juga terjadinya kebakaran serta menyangkut pembangunan desa.

"Ciptakan suasana yang kondusif, bangun kekompakan dan persatuan di lingkungan masyarakat. Ini merupakan modal penting untuk menunjang kelancaran pembangunan daerah," ujarnya lagi.

Dibagian lain bupati juga menyebutkan sebanyak 94 desa di Kabupaten Bengkalis akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak.

Oleh karena itu, seluruh kepala desa terutama desa pemekaran, diminta untuk gencar melakukan sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini. (Adv)