Setiap Desa Bengkalis Diminta Punya Website, Anggarannya Bisa dari APBDes

id setiap desa, bengkalis diminta, punya website, anggarannya bisa, dari apbdes

Setiap Desa Bengkalis Diminta Punya Website, Anggarannya Bisa dari APBDes

Bengkalis, (Antarariau.com) - Salah satu kebijakan yang akan diutamakan pasangan bupati terpilih Amril Mukminin dan Muhammad dalam mempercepat keberhasilan pembangunan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, untuk lima tahun ke depan adalah membangun Kabupaten Bengkalis dari desa.

"Pertama, tentu kami akan mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa secara konsisten, selanjutnya melakukan penguatan kapasitas pemerintahan desa," kata Amril Mukminin yang di damping Muhammad saat melakukan peninjauan ke Kantor Desa Wonosari, Rabu.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menyebutkan, dalam mewujudkan jargon membangun Kabupaten Bengkalis dari desa tersebut, terdapat beberapa hal utama yang akan dilakukannya.

Ia mengatakan, penguatan kapasitas pemerintah desa dilakukan agar kepala desa beserta seluruh aparatur di desa dapat menjadi solusi bagi persoalan-persoalan yang ada di tingkat desa.

Selanjutnya hal yang dilakukannya adalah mengedepankan partisipasi rakyat. Menurutnya, Keikutsertaan rakyat dalam percepatan keberhasilan pembangunan di desa adalah suatu keharusan, merupakan energi yang besar.

"Karena itu kita akan buka ruang partisipasi selebar-lebar kepada masyarakat, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga monitoring pembangunan," ujar Amril.

Ia berpesan kepada seluruh pemerintah desa di daerah itu agar benar-benar hadir dalam kehidupan masyarakat desa. Harus mampu mengelola potensi yang ada di desa dengan maksimal, baik anggaran, modal sosial, maupun sumber daya alam.

Hal itu dikatakan bupati saat meninjau beberapa desa yang ada di Bengkalis, Desa pertama yang dikunjungi pasangan yang dikenal dengan sebutan AM Mantap ini adalah Desa Wonosari, Kecamatan Bengkalis. Kedatangan Amril dan rombongan ke Kantor Desa Wonosari tersebut disambut Kepala Desa Wonosari Suswanto.

Selain mantan Penjabat Bupati Bengkalis H Ahmad Syah Harrofie, turut mendampingi Amril diantaranya Wabup Muhammad dan Pelaksana Tugas Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis H Hermanto Baran. (adv)