Ada internet gratis di setiap desa di daerah ini

id Internet gratis,Gunung Kidul

Ada internet gratis di setiap desa di daerah ini

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemkab Gunung Kidul, Yogyakarta memberikan akses internet secara cuma-cuma alias gratis di setiap kantor desa supaya perangkat desa lebih mudah dalam memberikan pelayanan kepada publik.

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan tahun ini seluruh kantor desa bisa selesai dipasang jaringan internet supaya bisa digunakan untuk komunikasi maupun pengelolaan website desa.

"Tahun ini, akses internet gratis bisa selesai terpasang. Internet desa sangat penting untuk pelayanan publik hingga membantu mempermudah masyarakat menjual produk dan mempromosikan potensi lokal," kata dia.

Menurut dia, penggunaan teknologi harus terus ditingkatkandalam upaya mengoptimalkanpelayanan pemerintahan kepada masyarakat.

"Kami bantu akses internet gratis di setiap kantor desa. Intinya teknologi informasi dan yang lainnya kami manfaat untuk memudahkan pelayanan publik dan pelaksanaan pemerintahan," kata dia.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Gunung Kidul Kelik Yuniantoro mengatakan sudah ada 60 kantor desa di daerah itu yang ada akses internet secara gratis.

Ia juga telah melakukan komunikasi dengan 30 kantor desa lain dalam sebulan terakhir ini untuk pengerjaan pemasangan jaringan internet.

"Kami menargetkan pemasangan jaringan internet di 30 kantor desa selesai pada September ini," kata dia.

Ia mengharapkan pada tahun ini bisa selesai pemasangan jaringan internet di kantor desa meski dengan jumlah petugasnya yang diakuinya cukup terbatas.

"Tenaga kami terbatas. Tapi harapannya tahun ini bisa selesai di 144 kantor desa yang ada bisa difasilitasi," katadia.

Selain kantor desa,DinskominfoKabupaten Gunung KIduljuga berencana memasang jaringan internet di objek-objek wisata supaya bisa dinikmati oleh para wisatawan maupun pengelola wisatanya.

"Tahun ini, yang akan kami pasang di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran. Nanti wisatawan di sana bisa menikmati internet gratis," kata dia.