Ketua TP PKK Inhil Harapkan Setiap Desa Punya Potensi Unggulan

id ketua tp, pkk inhil, harapkan setiap, desa punya, potensi unggulan

Ketua TP PKK Inhil Harapkan Setiap Desa Punya Potensi Unggulan

NTB (Antarariau.com) - Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau Zulaikhah Wardan menegaskan setiap desa harus memiliki potensi unggulan.

"Diharapkan seluruh desa yang ada di Indonesia mempunyai produk yang bisa dijadikan sebagai potensi unggulan, hal ini sesuai dengan sambutan Menteri Pembangunan Desa Tertinggal," Ucap Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Zulaikhah Wardan, saat mengikuti Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) di NTB, Rabu.

Ia memaparkan, satu keunggulan mampu mengangkat kemajuan desa itu sendiri. seperti contohnya, beberapa desa yang mempunyai potensi di sektor perkebunan sebagai daerah penghasil Sagu terbesar di Kabupaten Inhil.

Potensi ini kata dia, diharapkan bisa dikembangkan dengan mengolah hasil perkebunan tersebut secara maksimal, sehingga bisa memberikan peningkatan ekonomi masyarakat di desa itu sendiri.

Ia mengakui, di Riau khususnya di Kabupaten Inhil belum ada perolehan penghargaan dibidang TTG.

"Namun kita masih bisa belajar dengan daerah lain yang sudah maju dalam menggunakan TTG dengan baik. Dengan mengolah program daerah itu sendiri, sehingga mampu menambah penghasil bagi masyarakat," terangnya.

Pembukaan Gelar TTG ke XVIII tingkat Nasional tahun 2016 yang dilaksanakan di Provinsi NTB dan dipusatkan di Jalan Udayana Islamic Centre Mataram NTB ini dibuka langsung oleh Menteri Desa PDTT RI Eko Putro Sanjoyo yang ditandai dengan pemukulan gendang diikuti oleh Gubernur NTB.

"Dari Riau kita sama-sama mendengarkan dan menyaksikan penghargaan yang diberikan dibidang Tekhnologi tepat guna," tuturnya.

Hadir pada kegiatan, Bupati Indragiri Hilir Muhammad Wardan didampingi Ketua TP PKK Zulaikhah Wardan, Asisten I Setda Inhil Afrizal, Ketua dan Kepala BPMPD Yulizal.

Untuk diketahui, pada kegiatan TTG Nasional Ke-XVIII turut di hadiri Gubernur, Walikota, Bupati se-Indoneisa. Adapun tema Gelar TTG Nasional Ke-XVIII yang di laksanakan selama lima hari ini adalah Pengelollan Sumber Daya Alam dan Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna untuk Kesejahteraan dan Kedaulatan Desa dan diikuti sebanyak 3.000 orang. (ADV)

Oleh: Adriah Akil