PON Jabar, KONI Riau Janjikan Atlet Berprestasi Bonus Rp50-200 Juta

id pon jabar, koni riau, janjikan atlet, berprestasi bonus, rp50-200 juta

PON Jabar, KONI Riau Janjikan Atlet Berprestasi Bonus Rp50-200 Juta

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Riau menjanjikan akan memberikan bonus berupa uang mulai dari Rp50 juta hingga Rp200 juta bagi atlet berprestasi pada PON XIX di Jawa Barat yang digelar 17-28 September 2016, guna memotivasi mereka untuk berlatih keras agar bisa mendapatkan medali.

"Besaran bonus tersebut nilai yang sama dengan tahun 2012 saat Riau menjadi tuan rumah, akan tetapi jika masih ada kelebihan dana, mungkin bonus akan diberikan lebih besar lagi," kata Sekretaris Umum KONI Riau Darmansyah di Pekanbaru, Selasa.

Menurut dia, pemberian bonus bagian dari penghargaan Pemerintah Provinsi Riau, dalam menghargai setiap karya dan prestasi putra daerah yang telah membawa nama baik provinsi ini di tingkat nasional.

Ia mengatakan, atlet yang berprestasi, selain bonus uang juga akan memperoleh beasiswa bagi yang akan masuk jenjang perguruan tinggi serta diprioritaskan menjadi CPNS bagi peraih emas yang masih berusia 17-35 tahun.

"Kebijakan membantu atlet berprestasi menjadi CPNS adalah bagian dari keputusan Menpan RB, sebagai imbalan bagi mereka dalam mengharumkan nama bangsa dan daerah," katanya.

Sementara itu, atlet asal Riau yang lolos seleksi mengikuti PON sebanyak 359 atlet dari 35 cabang olahraga dengan jumlah terbanyak di cabang olahraga dayung sebanyak 54 atlet.

Ia menyebutkan, cabang olahraga unggulan yang menjadi andalan Riau untuk meraih medali emas yakni dayung, menembak, takraw, angkat besi dan angkat berat.

"Jatim, Jabar, DKI Jakarta merupakan lawan terberat untuk Riau, namun kita kini sudah mematangkan persiapan dengan pemusatan latihan antara lain di Perancis untuk atlet renang Azzahra dan Vanessa," katanya dan menambahkan pembinaan di negara itu jauh lebih baik dibandingkan dengan yang lain.

Sedangkan untuk atlet menembak pemusatan latihan dilakukan di Jakarta, dan cabang olahraga lainnya di Pekanbaru, Bandung, dan lainnya. "Melalui pematangan persiapan atlet tersebut Riau menargetkan masuk 10 besar. Pada 2012 Riau menempati posisi enam besar nasional," katanya.

Oleh Chaidir Adam