Setiap Bulan Puskesmas Panipahan Rohil Gelar Lokakarya Mini

id setiap bulan puskesmas panipahan rohil gelar lokakarya mini

Setiap Bulan Puskesmas Panipahan Rohil Gelar Lokakarya Mini

Rohil, Riau (Antarariau.com) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir menggelar lokakarya mini (Lokmin) bulanan lintas program puskesmas.

Kepala Puskesmas Panipahan Hj Netti Juliana menuturkan, kegiatan ini merupakan upaya penggalangan dan pemantauan berbagai kegiatan puskesmas melalui pertemuan, memantau kegiatan berdasarkan perencanaan dan memecahkan masalah yang akan dihadapi serta tersusunnya rencana kerja baru.

Adapun tujuan kegiatan ini, kata dia untuk meningkatkan kerjasama antar petugas intern puskesmas, termasuk Pustu dan bida desa, mendapatkan kesepakatan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan perencanaan.

"Selain itu juga untuk meningkatkan motivasi petugas untuk dapat melaksanakan kegiatan sesuai RPK serta mengkaji pelaksanaan rencana kerja yang telah disusun, memecahkan masalah yang terjadi dan menyusun upaya pemecahan dalam bentuk rencana kerja yang baru," kata Netti, Senin.

Ditahun 2015 lalu, semua pemegang program diakuinya sudah bekerja maksimal dan juga menerima transportasi Biaya Operasional Kesehatan (BOK) sesuai dengan POA masing-masing serta kegiatan terlaksana 100 persen.

Bahkan, lanjut dia banyak kegiatan tambahan yang disisipkan disela kegiatan BOK tahun 2015, dimana kegiatan tersebut sesuai kebutuhan diwilayah Kecamatan Pasir Limau Kapas.

"Seperti pemberian Fe pada remaja putri tingkat sekolah SMP dan SMA sederajat, pengadaan lansia di lima desa setiap bulannya, pemberian Vitamin A langsung kerumah warga, pemantauan PHBS RT setahun sekali. Banyak lagi yang kegiatan tersebut tidak ada dalam POA tahun 2015, namun dengan semangat dan kerjasama yang baik antar kepala Puskesmas dan staf sehingga bisa dilaksanakan," jelasnya.

Masih kata Netti, tahun 2016 Puskesmas Panipahan juga masih banyak mengusulkan kegiatan yang berdaya ungkit tinggi MDGs, semua usulan pemegang program diterima dan dibahas serta dicari solusi pemecahan agar bisa dilaksanakan semuanya.

"Kami jajaran Puskesmas Panipahan dengan setulus hati siap melaksanakan kegiatan yang diprogramkan Pemkab Rohil demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kecamatan Pasir Limau Kapas. Meskipun kami tahu pasti ada saja halangan saat pelaksanaan nantinya seperti sulitnya akses jalan yang dilalui untuk menuju daerah perbatasan karena kita hanya memiliki satu kendaraan dinas roda dua," sebut dia.

(adv)

Oleh Dedi Dahmudi