Bakal Tingkatkan Perekonomian, Masyarakat Kuansing Dukung Proyek Rel Kereta Api

id bakal tingkatkan, perekonomian masyarakat, kuansing dukung, proyek rel, kereta api

Bakal Tingkatkan Perekonomian, Masyarakat Kuansing Dukung Proyek Rel Kereta Api

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau merasa bangga dan menyambut baik adanya wacana Pemerintah Pusat membangun jalur kereta api lintas Sumatera karena bisa meningkatkan aktivitas ekonomi di daerah tersebut.

"Saya yakin bakal didukung kuat oleh semua masyarakat," kata Camat Hulu Kuantan, Kuantan Singingi Yuhendra di Teluk Kuantan, Rabu.

Ia mengatakan, pembangunan rel kereta api itu akan melewati sejumlah wilayah di Kuansing, hal ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan membuka isolasi daerah yang selama ini terkesan minim pembangunan.

Rel itu akan membentang sepanjang ratusan kilometer melalui sejumlah desa dan kecamatan, ini jelas mendukung tumbuhnya bisnis baru di daerah Kuansing dan minat investor brinvestasi di daerah.

"Sepanjang rel nantinya bakal dihuni penduduk bahkan dapat dengan mudah mendistribusikan hasil pertanian,"sebutnya.

Pemerintah Pusat saat ini menggelar kegiatan survei khususnya ke sejumah desa yang bakal dilalui jalur rel kereta api tersebut didampingi instansi terkait.

Menurutnya, sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang, Kuansing pernah di lintasi jalur rel kereta api, sebahagian masih ada terletah disepanjang jalur lama, sementara rel yang bakal dibangun itu melewati logas, Mudik Ulo, Tanjung Medang, Sungai Pinang dan Koto Kombu, Lubuk Ambacang hingga perbatasan Riau hingga Sumatra Barat di Pintu Batu.

Dari hasil survey tersebut, sebagian masih menggunakan jalur lintasan rel kereta api yang dulu (bekas jalur rel kereta api zaman Belanda dan Jepang) masih ada, lokasinya bahkan bekas pondasi rel sebagian juga masih ada, hanya untuk besi rel sudah banyak hilang.

"Namun sejumlah lokasi telah berdiri bangunan," ujarnya.

Warga Kuansing Nariman menyebutkan, jika pemerintah berniat membuka jalur kereta api yang bakal melewati sejumlah wilayah di Kuansing, akan dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Namun sebaiknya tanah warga yang dilalui sebaiknya diberikan ganti rugi agar tidak ada masyalah nantinya," tegasnya.