Seratusan Mahasiswa dan Pemuda Demo Bela Setya Novanto

id seratusan mahasiswa, dan pemuda, demo bela, setya novanto

Seratusan Mahasiswa dan Pemuda Demo Bela Setya Novanto

Jakarta, (Antarariau.com) - Seratusan orang yang berasal dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Penyelamat Aset Bangsa (AMPPAB) dan Aliansi Masyarakat dan Pemuda Anti-Korupsi (AMPAK) melakukan aksi demonstrasi di depan Mabes Polri, Kamis.

"Tangkap dan periksa (Menteri) Sudirman dan (Presdir PT Freeport) Maroef. Kami mau melaporkan mereka. Mabes Polri harus segera memproses," kata Koordinator Aksi, Ello Ahmad, di Mabes Polri, Jakarta.

Pihaknya mendesak Polri untuk segera menetapkan keduanya sebagai tersangka dalam kasus dugaan permufakatan jahat terkait perpanjangan kontrak PT Freeport yang melibatkan Ketua DPR Setya Novanto .

Pasalnya, menurutnya, keduanya tidak berwenang melakukan penyadapan.

"Yang berwenang melakukan penyadapan kan para penegak hukum," ujarnya.

Saat ditanya apakah rombongan massa merupakan perwakilan dari Setya, Ello membantah.

"Tidak, kami tidak mengenal Setnov," katanya.

Dalam aksinya, selain meneriakkan sejumlah yel-yel, mereka juga membawa beberapa papan bergambar wajah Sudirman dan Maroef yang dibubuhi gigi taring dan bercak darah. "Dua orang itu vampir, bisa menggigit," katanya.

Aksi demonstrasi tersebut, membuat arus lalin di depan Mabes Polri terhambat.

Sebelumnya dalam persidangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Menteri ESDM Sudirman Said selaku pengadu dan Presdir PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin sebagai saksi telah diminta keterangannya.

Sementara Ketua DPR Setya Novanto selaku teradu juga telah dimintakan keterangan oleh MKD, meski tidak bersedia menjawab pertanyaan yang terkait rekaman.

Setya Novanto menolak menjawab karena menilai rekaman diperoleh secara ilegal. Ia juga menegaskan dalam kasus tersebut dirinya tidak bersalah.

Sementara pengusaha minyak M. Riza Chalid yang dijadwalkan untuk diperiksa MKD pada Kamis (3/12) tidak hadir. Riza diduga sedang berada di luar negeri.