Puskesmas Panipahan Berikan Pemerataan Pelayanan Kesehatan Ke Desa

id puskesmas panipahan berikan pemerataan pelayanan kesehatan ke desa

Puskesmas Panipahan Berikan Pemerataan Pelayanan Kesehatan Ke Desa

Panipahan, Rohil, (Antarariau.com) - Puskesmas Panipahan memberikan pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang jauh dari puskesmas induk agar masyarakat dapat merasakan pelayanan dari dokter.

"Dalam pemerataan ini kita mengutamakan daerah yang jauh dari puskesmas induk agar masyarakat dapat merasakan pelayanan dari dokter. Sebenarnya idealnya di Kecamatan Pasir Limau Kapasnya ada satu dokter dalam satu kepenghuluan,” ungkap dr Netty Juliana, Kepala Puskesmas Panipahan.

Dalam kunjungan tim medis dari puskesmas panipahan tersebut dibuka oleh Penghulu Sungai Daun, M Khairudin, S.Sos, didampingi KTU Puskesmas Panipahan, Rufaizal, SKM, dan membawa beberapa dokter seperti dr Filla Simarmata dan drg Ristoria Simbolon, Idawati, Am.Keb.

Ada sekitar 200 warga yang memanfaatkan dan mengunjungi pelayanan kesehatan ini, 19 warga melakukan pengobatan atau pencabutan gigi, 15 orang suntik KB, sunat anak laki-laki sebanyak 8 orang dan pemeriksaan IVA sebanyak 6 orang, Inflan 10 orang.

Juga dihadiri sebanyak 30 orang ibu hamil, yang menghadiri kelas ibu hamil yang dibawakan oleh Idawati, Am.Keb dan 10 orang dukun kampung di Sei Daun yang dibina agar bermitra dengan bidan desa, dengan tujuan bumil dan angka kematian bayi dapat dimininalisir.

Diharapkan dengan adanya pelayanan kesehatan yang langsung terjun ke desa-desa terpencil atau desa yang jauh dari puskesmas induk, kesehatan masyarkat desa dapat terjaga.

(adv)