Semua Daging Kurban Di Dumai Layak Konsumsi

id semua daging, kurban di, dumai layak konsumsi

Semua Daging Kurban Di Dumai Layak Konsumsi

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Peternakan Kota Dumai, Provinsi Riau, menyatakan pelaksanaan pemotongan hewan kurban Idul Adha 1436 Hijriyah di daerah ini telah berjalan lancar dan semua daging layak konsumsi karena tidak mengandung penyakit.

Kepala Disnak Dumai Syafrizal, Minggu menyebutkan, jumlah hewan kurban yang disembelih umat muslim pada Idul Adha lalu terdata sebanyak 1.673 ekor, terdiri 1.261 sapi, 406 kambing dan 6 kerbau.

"Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di 282 lokasi dan sejauh ini tidak ditemui penyakit berbahaya, dan daging dinyatakan layak dimakan," katanya.

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan tim dokter dan tenaga medis serta ahli peternakan, baik di tempat peternakan atau pengumpulan hewan maupin saat penyembelihan di lokasi rumah ibadah dan lapangan.

Jumlah hewan kurban yang dipotong, lanjut dia, melebihi prediksi sebelumnya yaitu 1.500 ekor berasal dari peternak lokal dan pasokan dari sejumlah daerah, seperti Lampung, Jawa, Bengkulu dan lainnya.

"Awalnya kita prediksi jumlah hewan kurban yang disembelih sekitar 1.500 ekor sesuai stok dan perbandingan tahun lalu , namun ternyata melampaui dari perkiraan," katanya.

Disnak mengapresiasi petugas pengawas dan tim kesehatan hewan kurban yang telah bekerja keras dalam penyelenggaraan penyembelihan hari raya Idul Adha ini sehingga dapat berjalan lancar dan kondusif.

Di samping itu, pelaksanaan pengawasan hewan kurban telah aman ini tidak terlepas berkat dukungan Penjabat Wali Kota Dumai Arlizman Agus yang terus meminta agar pengawasan hewan ditingkatkan demi kesehatan dan perlindungan konsumen.

Dalam perayaan hari raya haji ini, Sekretariat Kota Dumai menyembelih lima ekor hewan kurban hasil donasi pegawai negeri sipil untuk dibagikan kepada masyarakat umum di lima lokasi.