Idul Adha 1444 H, karyawan RAPP potong 150 hewan kurban

id Rapp, pt rapl, idul adha

Idul Adha 1444 H, karyawan RAPP potong 150 hewan kurban

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban di masjid Attaqwa Townsite 1, Pangkalan Kerinci, Pelalawan disaksikan oleh Operational and Mill Support Director RAPP Mhd. Ali Shabri (kiri depan). (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Ribuan warga muslim di Riau Kompleks PT RAPP merayakan hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah dengan Khidmat. Pelaksanaan ibadah dalam menyambut hari raya ini dimulai dengan takbiran pada Rabu malamnya, lalu dilanjutkan dengan ibadah shalat Id dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilakukan oleh Pengurus dan anggota Ikatan Muslim Riau Andalan (IMRA) diseluruh komplek perumahan karyawan, baik di Pangkalan Kerinci maupun Estate yang bisa disebut dengan Riau Kompleks pada Kamis (29/6).

Menjelang pelaksanaan shalat Id di Komplek Mesjid At Taqwa, Townsite 1, Pangkalan Kerinci, Direktur RAPP Mhd. Ali Shabri dalam sambutannya mengajak warga Riau Kompleks untuk meningkatkan rasa syukur dengan berbagi dengan sesama. “Kepada karyawan dan keluarga marilah kita tingkatkan ketakwaan dan rasa syukur dengan berbagi rejeki kepada mereka yang membutuhkan, dengan berbagi kita akan memperoleh keberkahan,” pesan Ali Shabri kepada ribuan jemaah yang hadir pagi itu.

H Zulkifli, Ketua Umum IMRA memaparkan, pelaksanaan kurban tahun 2023 ini diikuti 750 peserta dari karyawan dan keluarga dengan jumlah hewan kurban mencapai 150 ekor, yang terdiri dari 121 sapi, dan 29 kambing. Pelaksanaan kurban dilaksanakan di 15 mesjid yang ada di lingkungan perusahaan RAPP. 4 mesjid berada di Townsite 1 dan Townsite 2, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, yaitu Masjid At Taqwa di Townsite 1, Masjid Al Muhajirin di BLI, Masjid Nurul Mubarok dan Al Mubarok di Townsite 2, dan 11 masjid yang tersebar di 11 estate RAPP.

Selain itu, warga muslim di estate perusahaan tidak ketinggalan turut melaksanakan kurban dengan antusias. Jumlah peserta kurban mencapai 170 orang dengan hewan kurban mencapai 36 ekor yang terdiri 25 sapi dan 11 kambing.

“Daging hewan kurban tersebut selain dibagikan ke warga dan peserta, juga disalurkan kepada masyarakat di desa-desa sekitar perusahaan, fakir miskin dan anak- anak yatim piatu binaan UPZ IMRA.” Jelas Zulkifli.

Salurkan kurban di lima kabupaten

Sementara itu, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) dan PT Asia Pacific Rayon (APR) kembali menyalurkan bantuan kurban pada hari raya Idul Adha 2023 kepada masyarakat sekitar operasional perusahaan di 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Pelalawan, Siak, Kampar, Kuansing dan Kepulauan Meranti. Tahun ini RAPP mendistribusikan sebanyak 56 ekor hewan kurban dengan rincian 22 ekor sapi dan 34 ekor kambing yang dibagikan kepada 29 desa.

General Manager Stakeholder Relation RAPP, Wan Mohd Jakh Anza mengatakan bahwa RAPP secara rutin menyalurkan bantuan ternak kepada masyarakat setiap tahun menjelang hari raya Idul Adha.

“RAPP adalah bagian dari masyarakat, dan kami ingin berkontribusi positif terhadap pelaksanakegiatan-kegiatan masyarakat sekitar operasional seperti pendistribusian bantuan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha. Kami berharap daging hewan kurban yang didistribusikan bisa bermanfaat,” ujar Wan Jakh.