Pemkab Inhu Gelar Salat Istiqa

id pemkab inhu, gelar salat istiqa

Pemkab Inhu Gelar Salat Istiqa

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menggelar salat sunah istisqa memohon turunnya hujan untuk mengatasi kabut asap yang saat ini sangat tebal.

"Salat ini diikuti 14 kecamatan, acara itu berjalan lancar masyarakat yang ikut sangat antusias agar keluhan warga teratasi dengan baik," kata Kepala Bagian Humas Setdakab Indragiri Hulu Jawalter S di Rengat, Kamis.

Selama sepekan lebih kabut asap sudah menutupi sejumlah wilayah hingga anak sekolah diliburkan, selain itu saat ini telah mengganggu kesehatan masyarakat hingga ratusan warga terkena ISPA.

Pelaksanaan salat istisqa di halaman kantor Bupati Inhu dihadiri Penjabat Bupati Kasiarudin, Kapolres AKBP Ari Wibowo, Kasdim 0302 Mayor Kav Sukri Hendri, Kajari Rengat Teuku Rahman, Ketua LAMR Zulkifli Gani dan sejumlah PNS serta masyarakat.

"Semua berjalan dengan baik sesuai harapan," sebutnya.

Salah satu warga Indragiri Hulu Wardi (45) menyebutkan, sebelum pelaksanaan shalat dimulai, dalam kesempatan itu Kepala Kementerian Agama Abdul Kadir menyampaikan kaifat tentang tata cara pelaksanaan shalat sunah Istisqa.

" Dalam pelaksanaan salat KH Mursyid selaku Pimpinan Pondok Pesantren Khairul Ummah Air Molek bertindak selaku Imam sekaligus khotib," ujarnya.

Dalam ceramahnya, KH Mursyid menilai, bencana kekeringan dan kabut asap yang saat ini masih terjadi, merupakan akibat kesalahan umat manusia sendiri.

Maka dari itu, Ia mengajak seluruh jemaah yang hadir untuk berkaca pada diri sendiri terhadap kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat dan memohon ampun kepada Allah SWT.

"Seperti diketahui, di waktu yang sama, pelaksanaan salat sunah Istisqa ini juga digelar di 14 kecamatan se-Kabupaten Inhu, dengan harapan turun hujan secepatnya," katanya.

Pewarta :
Editor: Asripilyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar