Jumlah Pencari Kerja Di Dumai 1.610 Jiwa

id , jumlah pencari, kerja di, dumai 1610 jiwa

  Jumlah Pencari Kerja Di Dumai 1.610 Jiwa

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Tenaga Kerja Kota Dumai, Provinsi Riau, menyatakan jumlah pencari kerja hingga April 2015 mencapai 1.610 orang.

Kepala Bidang Bursa dan Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Dumai Soufandi Sofyan, di Dumai, Jumat, mengatakan jumlah pencari kerja ini diprediksi akan meningkat karena ribuan pelajar sekolah menengah atas sederajat akan lulus dalam waktu dekat ini.

"Masyarakat pencari kerja belum terserap maksimal di perusahaan yang ada, dan tiap harinya kita melayani banyak permintaan pengurusan kartu AK 1," katanya.

Menurutnya, dari ribuan pencari kerja yang tercatat, sejauh ini serapan kerja baru hanya sekitar 1.308 orang di berbagai perusahaan, perhotelan dan lainnya di kota berpenduduk 316 ribu jiwa tersebut.

Untuk menekan angka pengangguran, pihaknya terus melakukan berbagai upaya, seperti, monitoring pelaksanaan kerja di perusahaan, mengadakan kegiatan pelatihan dan keterampilan di rumah terampil serta lain sebagainya.

Selain itu juga membuka peluang kerja dengan menekankan perusahaan agar melaporkan rencana rekrutmen tenaga kerja secara terbuka dan transparan bagi masyarakat umum.

"Disnaker juga rutin mengawasi hubungan kerja di perusahaan bertujuan tercipta suasana kondusif dan saling menguntungkan dua belah pihak," ungkapnya.

Kepala Disnaker Dumai Amiruddin menyatakan, pada 2014 lalu juga tercatat jumlah masyarakat pencari kerja sebanyak 4.550 orang dan terserap bekerja di perusahaan hanya 1.308 jiwa.

Karena itu dia berharap masyarakat yang dilatih, baik di rumah terampil maupun balai latihan kerja agar dapat menjadi mandiri dan bisa membuka lapangan kerja nantinya.

"Bekerja itu tidak hanya harus di kantor pemerintahan atau perusahaan, tapi yang lebih baik adalah kita mampu menjadi mandiri dan membuka peluang kerja bagi orang lain," terangnya.