Tiga Siswa Dumai Ikuti UN Susulan

id tiga, siswa dumai, ikuti un susulan

 Tiga Siswa Dumai Ikuti UN Susulan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Sebanyak tiga siswa di Kota Dumai, Provinsi Riau, mengikuti Ujian Nasional tingkat SMA dan sederajat susulan karena sebelumnya mangkir dalam pelaksanaan akibat sakit.

"Satu peserta dari SMKN 2 Dumai harus ujian di rumah karena mengalami kecelakaan lalulintas, dan dua lagi di sekolah," kata Panitia UN 2015 Dinas Pendikan (Disdik) Kota Dumai, Sugeng Purnomo, di Dumai, Senin.

Dia menjelaskan, UN susulan akan dilaksanakan sesuai jadwal dan semua peserta merupakan mereka yang tidak mengikuti seluruh mata pelajaran yang diujikan saat ujian utama 13-16 April pekan lalu.

Dua peserta UN susulan merupakan pelajar di SMKN 2 dan SMKN 3 Dumai, sehingga mereka harus mengikuti ujian selama empat hari.

"Bentuk pelaksanaan dan pengawasan sama dengan ujian utama lalu, dan dipastikan semuanya berjalan lancar," ungkap dia.

Dinas Pendidikan akan mengumumkan kelulusan peserta didik SMA SMK dan MA negeri dan swasta sesuai jadwal yaitu pada 15 Mei mendatang secara serentak.

Menurutnya, meski penentuan kelulusan siswa menjadi kewenangan sekolah, namun untuk pengumuman akan dilakukan serentak oleh Dinas Pendidikan.

Sementara, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Dumai Misdiono menyatakan, pelaksanaan UN sistem komputer di tiga sekolah menengah atas sederajat diklaim berjalan lancar dan sukses.

Dari hasil evaluasi pelaksanaan UN berbasis elektronik, Disdik menyatakan sistem ujian ini dinilai lebih jauh memudahkan peserta menyelesaikan jawaban, dan diharapkan tahun berikutnya lebih banyak sekolah yang ditunjuk.

"Hasil evaluasi pelaksanaan ujian online ini, Dumai sudah sangat siap menyelenggarakan karena banyak kemudahan, dan diharapkan tahun depan ada penambahan sekolah khusus UN komputer," sebutnya.