Chevron Salurkan Bantuan Pendidikan Suku Sakai

id chevron salurkan, bantuan pendidikan, suku sakai

Chevron Salurkan Bantuan Pendidikan Suku Sakai

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Chevron Pasific Indonesia telah menyalurkan bantuan biaya pendidikan secara gratis untuk ribuan orang Suku Sakai yang merupakan salah satu suku bangsa di Indonesia yang hidup di pedalaman Riau.

"Bantuan pendidikan gratis untuk warga Suku Sakai ini terus disalurkan sejak bertahun-tahun lalu dan terus akan berlanjut," kata Manager Komunikas Chevron Tiva Permata saat menjawab pertanyaan peserta pelatihan jurnalistik dan lomba penulisan di Pekanbaru, Selasa.

Pelatihan jurnalistik dengan tema; "Prospek Industri Migas dan Ketahanan Energi Nasional" diikuti sekitar 50 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai universitas di Riau.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Ismail Suko, Gedung Pustaka Wilayah Soeman HS, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Tiva menjelaskan Chevron terus berupaya menyalurkan dana sosial ke program-program kemasyarakatan, baik itu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, ataupun dibidang kesehatan hingga infrastruktur.

Penyaluran menurut dia, tentunya dilakukan dengan selektif agar tepat sasaran. Untuk Suku Sakai yang memang berada di wilayah operasi, sejak lama menjadi prioritas dan bahkan banyak yang diantarkan hingga ke jenjang perguruan tinggi untuk menjadi sarjana.

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang mengoperasikan aset-aset negara di bawah pemgawasan SKK MIGAS.

Chevron bekerja di satu wilayah produksi di Provinsi Riau berdasarkan Kontrak Bagi Hasil dengan pembagian hasil terbesar berada di pihak negara.

Chevron juga merupakan afiliasi dari perusahaan energi kelas dunia, Chevron Corporation, dan merupakan kontributor produksi minyak terbesar secara nasional.

Perusahaan ini telah sejak berpuluh tahun berada di Riau dengan juga berinvestasi terhadap puluhan ribu sumur minyak hasil eksplorasi yang hasilnya kemudian untuk menutupi kebutuhan energi nasional.

Paulus Suryono dari Petroleum Engineer Chevron saat menjadi pembicara diacara yang sama mengatakan, bahwa telah banyak program-program sosial perusahaan yang difokuskan untuk masyarakat di Riau.

"Untuk bidang pendidikan, ada Darmasiswa Chevron Riau atau yang dikenal dengan DCR. Telah ada ribuan anak Riau yang diantarkan menggapai mimpi mereka untuk menjadi sarjana lewat program ini. Kemudian untuk infrastruktur pendidikan, perusahaan juga telah banyak membangun sekolah-sekolah di Riau," katanya.