2.207 Warga Miskin Pekanbaru Terima Dana PSKS

id 2207 warga, miskin pekanbaru, terima dana psks

2.207 Warga Miskin Pekanbaru Terima Dana PSKS

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Warga miskin di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, tercatat sebanyak 29.700 jiwa namun baru 2.207 orang yang memperoleh dana Program Simpanan Kesejahteraan Sosial (PSKS).

"Sisanya 27.493 orang lagi belum bisa mendapatkan bantuan PSKS itu karena mereka tidak memegang Kartu Pengendali Sosial (KPS), akan tetapi pada tahun depan mereka akan diusulkan untuk mendapatkan KPS tersebut," kata Kepala Dinas Sosial Pekanbaru Hj Mutia Eliza di Pekanbaru, Rabu.

Menurut Mutia, sebanyak 2.207 orang penerima PSKS itu tersebar di 12 kecamatan, dan terakhir pada 19 November-7 Desember 2014 pendataan diselesaikan untuk Kecamatan Tenayan Raya.

Ia mengatakan, penerima PSKS atau pemegang KPS itu diambil berdasarkan data Pusat Statistik (BPS) Kota Pekanbaru tahun 2011.

"Warga yang belum menerima KPS akan diusulkan ke Kementerian Sosial, melalui Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), sehingga mereka pada 2015 bisa menerima PSKS," katanya.

Sisa KK miskin yang belum masuk dalam PSKS ini akan didata oleh kelurahan melalui tenaga kesejahteraan sosial kecamatan sebagai mitra dinas sosial yang diberi gaji, selanjutnya dilaporkan ke Camat untuk segera diusulkan ke pusat.

Untuk mendapatkan KPS, maka warga harus melengkapinya dengan KTP dan KK.

"Bagi warga yang belum mendapatkan KPS, agar segera melaporkan diri ke tenaga kesejahteraan sosial kecamatan untuk didata selanjutnya direkap untuk diusulkan ke pusat agar bisa dimasukkan kedalam daftar nominatif," katanya.

Sedangkan bagi masyarakat pernah memiliki KPS dan kemudian hilang juga bisa langsung melaporkannya dengan meminta surat keterangan hilang. Dengan catatan bahwa namanya benar telah terdaftar didalam daftar nominatif.