Sepekan Operasi Zebra Dumai Tindak 183 Pelanggar

id sepekan operasi, zebra dumai, tindak 183 pelanggar

Sepekan Operasi Zebra Dumai Tindak 183 Pelanggar

Dumai, (Antarariau.com) - Dalam sepekan pelaksanaan Operasi Zebra 2014, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Dumai, Riau, telah menindak sebanyak 183 pelanggar aturan di jalan umum.

Kepala Satlantas Polres Dumai AKP Jaka Wahyudi, Selasa mengatakan, pelanggar yang ditindak dengan sanksi tilang tersebut merupakan pengendara motor yang tidak memakai helm dan melawan arah jalan raya.

"Jumlah pengendara motor yang ditilang karena tidak pakai helm dan melawan arah jalan sebanyak 183 berkas pengendara pelanggar aturan," katanya.

Selain menindak tegas pelanggar aturan, petugas juga telah mengeluarkan 105 teguran kepada pengemudi sepeda motor yang melakukan pelanggaran ringan saat berkendara di jalan.

Menurut dia, kesadaran pengendara motor dalam tertib aturan berkendara di jalan raya belum terlihat baik karena masih ada yang melanggar dan mengabaikan imbauan yang telah disosialisasikan kepolisian sebelumnya.

"Kesadaran pengendara sepeda motor masih rendah, padahal kita telah sampaikan sebelumnya sasaran penindakan Operasi Zebra ini," ujarnya.

Dia menambahkan, petugas tidak saja menggelar razia di jalan umum, namun juga melaksanakan sosialisasi aturan tertib lalulintas kepada masyarakat umum di sejumlah sekolah menengah atas dan media elektronik radio.

Personel Satlantas Polres Dumai juga membagikan brosur kepada pengguna jalan tentang tips mengemudi yang aman dan tertib di sejumlah persimpangan ruas jalan di sekitar kawasan perkotaan.

Operasi Zebra di Dumi akan terus berlangsung hingga 9 Desember mendatang dan dilakukan di sejumlah ruas jalan utama dan lingkungan masyarakat, diantaranya, Jalan Jenderal Sudirman, Sultan Sarif Kasim, Sukajadi, Hasanuddin, Putri Tujuh, HR Subrantas dan lain sebagainya.