Bengkalis Luncurkan 7.738 Kartu Pegawai Eektronik

id bengkalis luncurkan, 7738 kartu, pegawai eektronik

Bengkalis - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, Badan Kepegawaian Negara Pusat, dan Bank Riau Kepri meluncurkan sebanyak 7.738 kartu pegawai elektonik.

"Kartu ini penting untuk meningkatkan kesejahteraan serta mendukung profesionalisme PNS," kata Bupati Bengkalis Herliyan Saleh dalam keterangannya di Bengkalis, Selasa.

Menurut dia, KPE itu belum seluruhnya diluncurkan atau hanya sebanyak 7.738 kartu dari 8.233 jumlah pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Ia mengatakan, untuk sisanya sebanyak 495 PNS yang belum memiliki KPE akan diselesaikan pada tahun 2015, sehingga diperlukan pendataan secar lengkap lagi.

"Dengan demikian, keberadaan KPE ini akan memberikan pelayanan maksimal terhadap PNS di daerah ini,"katanya.

Setelah mengantongi KPE, katanya lagi, maka kinerja serta disiplin pegawai akan lebih meningkat, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, seorang aparatur negara dituntut untuk mengedepankan pelayanan prima.

Apalagi, katanya, dalam era reformasi ini, tuntutan terhadap kinerja aparatur pemerintah cukup besar.

Deputi bidang sistem informasi kepagawaian BKN Pusat, Edy Wahyono, mengatakan, Pembuatan KPE adalah membangun sistem layanan yang lebih mudah bagi PNS seperti layanan gaji, transaksi merchant, layanan tagihan, kesehatan dan sebagainya.

Pembuatan KPE, katanya,sesuaidalam peraturan BKN nomor 7 tahun 2008, dan untuk menyempurnakannya, maka BKN melakukan beberapa inovasi.

"KPE merupakan pengganti kartu pegawai yang sifatnya multi fungsi dilengkapi teknologi "smartcart" untuk berbagai layanan. Sedangkan proses pembuatannya, dilakukan mulai tahap awal pengambilan foto, sidik jari, personalisasi data," katanya.

KPE sendiri, menurutnya, memberikan banyak manfaat yakni menggantikan kartu Karpeg yang lama, kartu layanan akses, media layanan, dompet elektronik kartu ATM. (*/iin)